Sering Stress? Yuk Simak 5 Manfaatnya! | OPINI.id

Setiap orang tentunya pasti pernah mengalami stress, hal ini sangat wajar dialami karena manusia memiliki perbedaan dalam menyikapi suatu persoalan. Banyak orang yang menganggap stress merupakan sesuatu yang buruk atau merugikan, memang ketika kita mengalami stress kita merasa bahwa pikiran tidak terkontrol dan kondisi diri menjadi kacau. Namun tahukah anda, dibalik hal tersebut ternyata stress juga mendatangkan dampak positif?

1. MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI

Stress memang dipandang sebagai suatu hal yang menjengkelkan seperti musibah. Ketika anda bisa melewati masa-masa ini, maka anda akan terlatih untuk membangun kepercayaan diri lebih. Bagaimanapun situasinya, anda yakin bahwa anda mampu menyelesaikan masalah. Ini bisa menjadi latihan untuk meningkatkan mental dalam menghadapi segala sesuatu.

2. MEMBUAT DIRI MENJADI LEBIH TANGGUH

Ketika sering mengalami stress, anda tentu akan terbiasa menghadapi dan mencari solusi suatu persoalan yang mengganjal diri anda. Menghadapi sesuatu yang buruk dan berujung menjadi stress, awalnya memang bingung menghadapi persoalan tersebut. Namun jangan salah sangka dulu, dari sini anda secara tidak langsung melatih diri anda untuk siap menghadapi masalah-masalah lain yang akan datang.

3. MENCEGAH VIRUS DAN PENYAKIT

Dari segi kesehatan, stress mencegah virus dan penyakit karena berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang dipicu oleh kelenjar adrenal yang mana kelenjar ini dapat menyeimbangkan sistem imun tubuh. Uniknya, ketika anda sedang stress tubuh dirangsang untuk menghindar dari ancaman virus dan bakteri karena stress akan merangsang zat kimia interleukin yang membuat tubuh terlindung dari penyakit dan peradangan.

4. MEMBUAT INGATAN LEBIH KUAT

Penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara hormon pemicu stress dengan kemampuan mengingat. Apabila anda mengalami stress, saat akan menghadapi kerjaan atau ujian, hormon stress (kortisol) ternyata mampu membantu pikiran untuk memusatkan ingatan jangka pendek hingga kerjaan atau ujian anda berakhir.

5. MEMPERCEPAT PEMULIHAN PASCA OPERASI

Menjalani operasi tentu membuat sebagian orang merasa stress, namun ternyata stress jangka pendek akibat operasi dapat membantu tubuh untuk cepat sembuh karena sistem kekebalan tubuh pasien merespon stress dengan cara mendistristribusikan ulang sel pelawan patogen agar tubuh lebih cepat pulih.

.........

Nah, sekarang kita sudah tahu ternyata stress tidak selamanya membawa dampak buruk bagi kita terutama bagi kesehatan. Meskipun stress juga membawa dampak baik, namun tidak dianjurkan untuk stress yang berlarut-larut ya! Semoga bermanfaat! Sumber : http://www.akuinginsukses.com/3-manfaat-stress-yang-bakal-mengejutkan-anda/ https://hellosehat.com/hidup-sehat/psikologi/keuntungan-dan-manfaat-stress/ http://duniabaca.com/inilah-manfaat-stres-bagi-kesehatan.html

Komentar (4)

Fresh