Kamu Wajib Tau Jenis-Jenis Badak | OPINI.id

Berita kematian Badak putih Utara di Sudan yang merupakan jantan terakhir jadi sorotan. Mungkin ada beberapa orang yang tau tentang badak dan ada juga yang gak tak paham.

Nah, kali ini kita akan sama-sama belajar untuk mengetahui jenis-jenis badak yang kini sudah diujung tanduk kepunahan.

FYI Seputar Badak

Badak adalah hewan mamalia berkuku ganjil yang cuma ada di Asia dan Afrika. Ini adalah hewan berbobot besar sekitar 1 ton. Nah, saat ini cuma ada 5 spesies badak yang masih hidup di dunia. Dua diantaranya punya habitat asli di Afrika, India, dan Indonesia. Hewan ini biar bertubuh besar dan berbobot berat tapi sangat rentan punah populasinya. Jadi harus kita jaga kelestariannya.

Badak Putih

Ada dua jenis sub spesies badak bercula 2 ini. Southern White Rhino dan Norther White Rhino. Untuk yang Southern masih banyak populasinya. Tapi untuk yang Northern White Rhino hanya tersisa 2 ekor lagi setelah sebelumnya sang pejantan terakhir mati. Tuh, miris banget kan guys?

Badak Hitam

Ini adalah spesies kedua yang ditemuka di Afrika. Badak ini dikenal sebagai hooked lip rhino. Pemburuan skala besar terhadapnya, membuat populasinya menurun dramatis. Cuma karena usaha gigih untuk konservasi, ini persebarannya makin luas.

Badak Sumatera

Ini adalah satu dari 2 spesies badak yang ditemukan di Indonesia. Populasinya berkurang sejak tahun 1990-an. Saat ini badak Sumatera berstatus sangat terancam punah dengan jumlah mereka yang kurang dari 80 ekor. Oleh karena itu, badak Sumatera ini semuanya tinggal di penangkaran. Ini dilakukan untuk mempercepat penambahan populasinya.

Badak Jawa

Ini adalah jenis badak yang paling terancam punah diantara semua badak di dunia. Walaupun sempat diangka kritis. Usaha konservasi menunjukkan hasil, jika badak Jawa mengalami penambahan populasi. Hanya saja pelestariannya mengalami tantangan habitat. Itu karena keterbatasan lahan untuk pertumbuhan populasi dan pertumbuhan langkap sebagai spesies invasif.

Menurut kalian mana yang paling mempengaruhi penurunan jumlah populasi badak di dunia?
Perburuan liar
Sempitnya lahan
Dua-duanya jadi faktor
517 votes

Komentar

Fresh