Ini Reaksi Tubuh Saat Sakaratul Maut | OPINI.id

Kamu pasti pernah lihat orang yang sedang sekarat. Tapi kamu tidak tahu perubahan apa yang terjadi pada tubuh ketika sakaratul maut terjadi.

Proses yang Berbeda

Oke sebelum masuk ke slide perubahan reaksi tubuh saat sakaratul maut, perlu kamu ketahui jika waktu yang diperlukan dari sekarat hingga benar-benar meninggal akan berbeda-beda pada tiap orang. Ada beberapa orang yang gak sadar terlebih dahulu selama beberapa hari, dan ada juga yang langsung. Namun, beberapa ciri fisik jelang kematian hampir sama dan bisa jdikan sebagai pertanda.

Tubuh Mulai Dingin

Pernahkah kamu mendengar jika kaki atau tangan menjadi dingin di tubuh orang yang sudah sakaratul maut. Itu karena secara otomatis tubuh mematikan mesin dari dalam tubuh. Tubuh akan mematikannya dari bagian luar dulu dibandingkan organ vital seperti detak jantung, aktivitas kimias di otak dan pernapasan. Tubuh akan turunkan sirkulasi darah yang dikirimkan ke anggota gerak tangan dan kaki. Kondisi ini akan membuat tangan dan kaki terasa lebih dingin dibandingkan bagian tubuh lainnya.

Bernafas Butuh Perjuangan

Pola nafas pasti berubah.Batuk juga bisa jadi kejadian paling umum jelang kematian. Soalnya, cairan tubuh itu makin akan akan terbntuk dan terakumulasi di bagian faring.

Perubahan Warna Kulit

Warna kulit berubah dari normalnya jadi rona yang kusam dan lebih gelap. Warna jari di balik kuku bisa jadi kebiruan dan terlihat tak normal seperti biasanya.

Telinga Adalah Indera Terakhir yang Berfungsi

Seringkan kamu melihat orang dibisikan telinganya saat sakaratul maut? Itu dikarenakan hanya telinga sajalah alat indera yang berfungsi. Meski mereka tidak merespon, tetapi sebenarnya mereka mendengar.

Komentar

Fresh