Selamat Hari Air Sedunia | OPINI.id

Tahun 2018 hari air sedunia yang kerap dirayakan setiap tanggal 22 Maret jatuh di hari Kamis. Mari kita cari tahu fakta-fakta mencengangkan seputar air guys.

Dunia butuh akses dan sanitasi

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pernah bertanya bagaimana cara kita mengurangi banjir,kekeringan dan polusi air. Menurut situs World Water Day, jawabannya dengan menggunakan solusi yang sudah ditemukan di alam. Solusi berbasis alam memiliki potensi untuk pecakan banyak tantangan air. Tahun 2015, PBB sudah menyetujui 17 tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang akan dicapai pada tahun 2030 yang akan memperbaiki dunia tempat kita tinggal. Salah satunya adalah memastikan akses terhadap air dan sanitasi untuk semua orang sudah baik dan benar.

Fakta-Fakta Seputar Air

71 persen permukaan bumi tertutup air, menurut The United States Geological Survey Water Science School. Lautan merupakan sekitar 97 persen dari seluruh air bumi, yang berarti hanya 3 persen saja air yang tidak mengandung garam. 663 juta orang hidup tanpa persediaan air bersih dekat rumah mereka. Gak hanya itu, 71 persen lahan basah alami dunia telah hilang sejak 1900, dan ini karena kesalahan manusia.

Menurutmu di Indonesia sendiri masih termasuk boros gak penggunaan airnya?
Boros
Nggak
Biasa Aja
25 votes

Komentar

Fresh