Cara Salam Unik Dari Belahan Dunia | OPINI.id

Beda negara beda juga budaya bersalamannya. Jadi gak ada yang aneh sama foto Presiden Jokowi yang adu hidung sama tetua suku Maori di New Zealand.

Menjulurkan Lidah di Tibet

Aneh dan unik, tapi itulah indahnya keberagaman. Di Tibet kamu jangan kaget kalau kenalan sama orang terus malah dijulurin lidah alias mirip dilewein 'week'. Itu adalah cara bersalaman mereka sejak abad ke-9 dari raja bernama Lang Darma yang punya lidah hitam. Setelah beliau meninggal, banyak yang percaya kalau raja ini reborn lagi. Jadi masyarakatnya percaya akan reinkarnasi dan akhirnya mereka semua menjulurkan lidah untuk membuktikan jika mereka bukanlah sang raja.

Hongi New Zealand

Aksi Presiden Jokowi cium hidung di New Zealand juga pernah dilakukan oleh Kate Middleton saat kesana. Ini adalah salam yang bernama hongi dan dilakukan oleh orang Maori di upacara-upacara tertentu. Ibaratnya ini adalah jabat tangan.

Kunik di Greenland

Ada yang lebih unik lagi cara bersalaman orang bila dibandingkan dengan Hongi. Namanya Kunik di Greenland. Ini adalah sapaan bagi kerabat, dan keluarga dekat. Caranya, menempelkan hidung dan bibir ke orang yang dituju dan bernafaslah.

Sabu NTT Juga Cium Hidung

Di Indonesia juga ada budaya salaman yang mirip dengan suku Maori. Yaitu masyarakat Sabu Nusa Tenggara Timur (NTT). Ini adalah tradisi menyapa orang lain. Maknanya dalam, karena ini bentuk keakraban dan punya rasa keterikatan sebagai saudara.

Bangga ya Indonesia juga punya keberagaman cara menyapa dan bersalaman.
Bangga dong
Biasa aja
547 votes

Komentar (1)

Fresh