Prabowo Sebut Indonesia Bubar 2030? | OPINI.id

Lagi dan lagi, Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto bikin heboh. Ia membuat sebuah pernyataan jika Indonesia bakal bubar pada tahun 2030.

Heboh Pernyataan Prabowo

Di media sosial Facebook Partai Gerindra terlihat jelas dan lantang jika Prabowo menyebut Indonesia bakal bubar pada 2030. Peyebabnya ada ketimpangan penguasaan kekayaan dan tanah. "Saudara-saudara. Kita masih upacara. Kita masih menyanyikan lagu kebangsaan. Kita masih pakai lambang-lambang negara. Gambar-gambar pendiri bangsa masih ada di sini, tetapi di negara lain mereka sudah bikin kajian-kajian dimana Republik Indonesia sudah dinyatakan tidak ada lagi tahun 2030," kata Prabowo Subianto dalam sebuah acara Gerindra.

Indonesia Tidak Akan Bubar

Pernyataan Prabowo terkait Indonesia bubar di tahun 2030 patut dipertanyakan datanya. Pasalnya, menurut Dirut Program Saiful Mujani Research Center (SMRC) Sirojudin Abbas, jauh dari realitas. Indonesia masih jauh dari indikasi-indikasi bubarnya sebuah negara. Dalam kajian National Intelligence Council bertajuk Global Trends 2030: Alternative Worlds yang dipublikasikan pada Desember 2012. Tidak ada nama Indonesia di jajaran negara-negara yang berisiko tinggi gagal pada 2030. Daftar ini dipuncaki oleh Somalia, Burundi, Yaman,Uganda, Afganistan, Malawi, Republik Demokratik Kongo, Kenya,Nigeria, Niger, Pakistan, Chad, Haiti, Ethiopia, dan Banglades. Kajian ini menyoroti tentang lemahnya pemerintah, keamanan yang minim, ekonomi yang rapuh, perebutan Sumber Daya Alam (SDA), serta konflik-konflik sipil. Somalia juga memuncaki daftar Indeks Negara Rapuh 2017. Sementara, Indonesia ada di posisi 86, lebih kuat satu tingkat daripada China. Sumber: cnnindonesia

Kamu sendiri percaya gak kalau Indonesia bakal bubar di tahun 2030?
Percaya
Nggak Percaya
1549 votes

Komentar (4)

Fresh