Pecinta olahan ayam? Cek bahayanya yuk! | OPINI.id

Ayam goreng, kari ayam, sate ayam, opor ayam, nugget ayam siapa yg tidak suka olahan ayam? Ayam menjadi lauk favorit bukan hanya harganya yang cukup terjangkau dibanding daging lainnya, ia juga mudah diolah dan mudah ditemukan di pasar tradisional hingga supermarket. Selain memiliki manfaat yang berlimpah, ayam ini pun memiliki potensi buruk untuk kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Disimak yuk apa saja dampak dari terlalu banyak mengonsumsi daging ayam :

1. Mengandung Kolesterol Tinggi

Daging ayam mengandung kolesterol yang cukup tinggi, terutama pada bagian kulitnya yang berlemak. Penumpukan kolesterol ini bisa menyebabkan seseorang mengalami serangan jantung. Kolesterol dalam jumlah berlebihan di dalam tubuh juga berpotensi menyebabkan penyakit berbahaya lainnya seperti stroke, diabetes dan hipertensi. Hati-hati lho guys!

2. Mengandung Bakteri Salmonella

Ayam juga mengandung bakteri salmonela, yang sempat menghebohkan warga Amerika karena mengakibatkan 300 orang sakit beberapa tahun lalu. Bakteri ini memang kerap ditemukan dalam produk unggas, seperti daging ayam dan telur. Salmonela bisa  mengakibatkan diare, sakit perut, muntah, pusing, hingga demam. Waduh!! Kita harus meningkatkan kewaspadaan nih.

3. Tubuh jadi kebal terhadap antibiotik

Ayam yang di beri antibiotik residu dari zat-zatnya tidak hilang. Melainkan akan tetap ada pada bagian daging ayam dan hati ayam. Jika ini masuk ke tubuh manusia, maka antibiotik ini juga masuk ke dalam tubuh. Efek jangka panjangnya adalah manusia kebal terhadap antibiotik. Sehingga, saat kita sakit, tubuh kita akan sulit untuk kembali sehat. Ih!! Ngeri ya..

4. Mengandung Arsenik Tinggi

Arsenik merupakan bahan beracun yang bisa menyebabkan serangan akut seperti kanker kulit, muntah, diare, dan bisa berakhir kematian walaupun dikonsumsi dalam kadar yang rendah. Bahayanya zat ini ternyata terkandung pada ayam yang menjadi makanan paling populer didunia. Ngeriiii ya!!

5. Menyebabkan Gangguan Pernapasan

Banyak ada bakteri dan kotoran yang ada pada ayam potong atau ayam boiler. Biasanya bakteri yang tumbuh adalah Staphylococcus aureus  dan lainnya. Jika bakteri jenis ini masuk ke dalam tubuh, bisa beresiko masalah gangguan pernapasan. Ini sangat tidak baik bagi tubuh jika di biarkan dan tidak segera di periksakan.




Serem ya dampak dari terlalu berlebihan mengonsumsi ayam. Jadi, makanlah secukupnya. Sertakan ikan, daging merah dan sayur-sayuran. Karena sesungguhnya, sesuatu yang berlebihan tidak baik untuk kita.

sumber :
https://halosehat.com/makanan/daging-berbahaya/bahaya-makan-ayam-potong/amp
https://m.viva.co.id/amp/blog/kesehatan/662788-ini-bahaya-terlalu-sering-makan-ayam

Komentar

Fresh