Yuk, Kenalan Sama Wattpad | OPINI.id

Wattpad: Situs baca buku gratis, buat lo yang kesusahan cari bacaan sesuai daya khayal lo di toko buku.

Dunia Oranye Menyenangkan yang Menyeramkan.

Kenapa gue bilang menyengakan? Karena banyak banget cerita dengan alur unik mulai dari alur sinetron Indo - India yang alay, alur ala-ala Drama Korea atau bahkan cerita bagus banget yang harusnya memang di pajang di toko buku. Lo bisa bebas cari genre bacaan apapun di sana, dari Action sampe Werewolf. But, dari sekian banyak kesenangan yang bisa lo dapetin dari bacaan di Wattpad, ada beberapa dampak negatifnya, dan ini menyeramkan!

Bocah Ingusan yang Terkontaminasi dan Plagiarisme

Banyak bacaan kurang pantas karena ada adegan dewasa yang di perjelas oleh si Author cerita, dari ujung kepala sampe ujung kaki. Padahal di sana tertera usia minimal pembaca adalah 12+. Dan jelas pengguna dibawah usia itu ada! Gue pernah nemu beberapa bocah ingusan usia 11-15 tahun yang dengan pedenya nulis cerita cinta-cintaan dengan adegan dewasa! Miris ga sih lo, tau bocah bisa baca sekaligus nulis konten cerita yang jauh banget dari ingus dia? Dunia Oranye ini juga sering jadi ajang plagiarisme besar-besaran oleh mereka yang cari tenar. Gak main-main yang di plagiat, mulai dari karya penulis Blog sampe penulis yang bukunya udah berkali-kali di display Gramed. Tapi seperti umumnya, ada hitam dan ada putih.

Jadi Media Menetaskan Penulis Bagus

Gak semua cerita di sana kayak gitu. Lo juga bisa baca karya-karya bagus disana, bahkan ada banyak penulis berkualitas yang berhasil netesin bukunya dari Wattpad. Contohnya buku 'The Perfect Husband' karya Indah Riyana yang bentar lagi filmnya bakalan di rilis. Atau film 'Dear Nathan' yang diangkat dari novel berjudul sama karya Erisca Febriani. Hitam gak selalu buruk dan Putih gak selamanya bagus. Ini tinggal kitanya aja yang bijak mau pilih jadi yang mana.

Kampanye Indonesia Membaca

Sekedar informasi nih, lo bisa cari bacaan lumayan dengan pake hashtag #indonesiamembaca yang digalakkan beberapa orang Ambassador Wattpad Indonesia.

Komentar

Fresh