Pura Ukur-Ukur Pejeng Bali | OPINI.id

Pura ini begitu melekat dengan peninggalan sejarah dan memiliki nilai sakral yang begitu dijaga dan dilestarikan oleh umat Hindu di Bali.

Berisi Peninggalan Masa Lalu

Berlokasi di Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar Bali. Pura Pangukur-ukuran memiliki banyak tempat suci yang lengkap dengan peninggalan masa lampau. Di Pura inilah kemampuan Kebo Iwa ditakar sebelum menjadi mahapatih Kerajaan Bali Kuno. Pura Pangukur-ukuran di kelilingi oleh Pura Penataran Sasih, Pura Kebo Edan yang berlokasi di Desa Pakraman Sawagunung, Desa Pejeng Kelod.

Lahir dari Banyak Kisah

Berbagai macam kisah tersebar mengenai keberadaan pura di tepi Tukad Pakerisan, mulai dari jenis bangunan suci yang terdapat di dalamnya hingga peninggalan purbakala, salah satunya peninggalan berupa tanah lapang berdasar batu padas seluas 150 m2. Di sebelah selatan pura juga terdapat jalan setapak dari batu tua serta sisa-sisa pintu gerbang dari batu padas. Jalan ini menuju ke Goa Garba, yang merupakan tempat semadi patih Kebo Iwa dengan semakin ditegaskan bahwa terdapat bekas tapak kaki yang ukurannya melebihi ukuran telapak kaki manusia biasa.

Komentar

Fresh