Petinggi DPR di Lingkaran Hoax? | OPINI.id

Dua sejoli, yaitu Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon dan Fahri Hamzah dilaporkan oleh Muhammad Zakir Rasyidin selaku Kuasa hukum Cyber Indonesia.

Fadli Zon & Fahri di Lingkaran Hoax

Kedua petinggi DPR ini dilaporkan oleh Kuasa hukum Cyber Indonesia, Muhammad Zakir Rasyidin.Mereka dilaporkan karena dianggap melakukan tindakan penyebaran berita bohong atau hoaks. Dalam laporannya, kedua petinggi DPR itu menyebar hoaks lewat akun twitter resminya dari pemberitaan Jawa Pos yang sudah diklarifikasi. Meski media tersebut sudah mengklarifikasi, tetapi kedua pejabat ini kekeuh untuk menyebarluaskan berita yang sudah diklarifikasi. Menurutnya, segala konten yang berkaitan dengan penyebaran suatu berita tanpa data dan fakta sangat berbahaya bagi persatuan bangsa. Berdasarkan laporan yang diterima LP/1336/III/2018/PMJ/Dit Reskrimsus, Tertanggal 12 Maret 2018, Fadli Zon dan Fahri Hamzah diancam Pasal 28 ayat 2 Jo Pasal 45 ayat 2 UU RI No 19 tahun 2016 perubahan UU RI No 11 tahun 2008, tentang ITE.

Inilah Isi Kicauan Fahri di Twitter

Fahri Hamzah harus berurusan dengan hukum terkait penyebaran konten hoaks. Pada 4 Maret 2018 lewat akun twitter miliknya. Fahri Hamzah menulis sebuah cuitan yang berbunyi,"Dari akun resmi....bahwa Ketua MCA adalah Ahoker. Jadi maling teriak maling dan ngaku muslim segala. Ayok @DivHuma_Polri selesaikan barang ini. Jangan mau ada yang merusak nama Polri dengan menyerang identitas agama,"kicaunya. Kicauan inilah yang juga di retweet oleh rekannya sesama petinggi DPR yakni Fadli Zon.

Klarifikasi Fahri Hamzah Terkait Hoaks

Dua Wakil Ketua DPR ini dilaporkan oleh Cyber Indonesia ke Polda Metro Senin kemarin. Mereka dituding menyebarkan informasi hoaks karena me-retweet berita Jawa Pos yang belakangan sudah diralat. Fahri Hamzah pun melakukan klarifikasi. Menurutnya, dia hanya mengutip sebuah media yang dianggap kredibel dan punya reputasi baik. Padahal, pihak Jawapos sudah mengakui jika berita itu gak sesuai dengan kaidah jurnalistik. Media milik Dahlan Iskan itupun meminta maaf dan meralat berita yang telah disebar oleh Fahri dan Fadli.

Menurutmu apakah kedua petinggi DPR ini ada di lingkaran hoaks?
Ada
Tidak ada
699 votes

Komentar (1)

Fresh