TIPS PENTING STAY DI NEW YORK | OPINI.id

New York kota yang sangat besar, besar dalam hak jumlah penduduk. Dengan jumlah penduduk 8,5juta jiwa yang tersebar di 784km persegi menyebabkan New York menjadi salah satu kota padat dunia. Selain itu New York adalah kota paling beragam. Hampir semua etnis dan warna kulit bisa ditemukan di kota ini. Buat bisa survive di kota beragam dan besar ini, simak tips-tipsnya.

Tahu makna "Downtown"

Makna Downtown di NewYork bukan berarti pusat komersial atau bukan pusat kota, tapi berarti 'arah selatan' atau blok/jalan manapun di bawah 14th street. Namun semakin kesini, makna downtown berarti blok/jalan sebelum jalan ini. Misalkan kita sedang di 79th street, "I'm Heading Downtown", ini artinya blok/jalan apapun sekitaran 78th stret. "Midtown" berarti daerah kawasan tengah Manhattan, antara 14th dan 59th street, kawasan paling sibuk dan kawasan perkantoran paling bayak di kawasan ini. "Uptown" berarti kawasan ke arah utara NewYork, yaitu kawasan di atas 59th street. Namun jangan heran juga, ada kawasan yang namanya Downtown Brooklyn. Ini adalah kawasan Brooklyn tua dan penuh gedung tinggi, namun bukan "pusat" dari apapun, cuma Downtown Brooklyn.

Tips jalan kaki di pertanahan.

Kenapa pertanahan, sebab di atas tanah, bisa jadi di trotoar. Trotoar NewYork tidak punya tata cara tertulis, jika sedang ragu arah berjalanlah di sisi kanan seperti halnya kamu sedang mengendarai mobil. Tetap di kanan, jika ada distraction perlahan jalan, jika ada keraguan minggir sedikit dan stop. Jangan berhenti di tengah-tengah sidewalk, bisa-bisa kamu digerus pejalan kaki lain atau kena makian.

Tips menyetop yellow cab.

Cab berarti taksi. Jika lampu yellow cab menyala ini berarti cab bisa digunakan, dan padam sebaliknya. Cara menyetop cab tidak perlu teriak "Taaaaksiiiiii!!" seperti di film-film hollywood jadul. Cukup berdiri agak ke pinggir sidewalk gunakan tangan, mau jempol, telunjuk, lengan... yang penting gunakan tangan buat menyetop cab. Tapi ingat!! jangan menyelak... gini, sebelum menyetop cab perhatikan di sekitaran arah ujung depan jalan tidak ada orang lain yang menyetop cab juga. Gak usah jauh-jauh, lihat saja sampai ke ujung blok. Jika ada, jangan dulu menyetop cab.. biarkan orang itu yang dapat duluan. Jadi cek sekelilingmu sebelum menyetop cab.

Subway

Karena memiliki mobil di NewYork amat mahal, belum biaya parkir yang juga mahal dan macetnya yang juga warbiyasak! Orang-orang cenderung suka pake Subway (kereta bawah tanah). Pake subway murah (LOL) sekali swipe katanya $2.75, tapi disarankan beli yang unlimited seven-day card seharga $32 yang bsia dipakai selama tujuh hari. Tips 1 subway : Penumpang turun lebih dulu, penumpang naik kemudian Tips 2 subway : Siap-siap dipelototi jika di pagi hari (morning rush) kamu setel ear/headphones kuenceng. Walaupun orang subway riuh dan penuh tapi commuter lebih cenderung suka hening di morning rush. Tips 3 subway : Jangan makan makanan apapun yang butuh lap/tissue atau garfu atau sendok. Tips 4 subway : Lepas backpack gembung cukup dipegang satu tangan atau simpan di lantai diantara kaki. Jangan 'egang' kalau duduk dan jangan menyandarkan badan secara penuh pada pegangan, karena orang lain pun butuh pegangan. Tips 5 subway : Beri tempat duduk ke orang tua, atau orang disable/cedera, atau Ibu hamil (ini sama saja dengan di Indonesia). Tips 6 subway : Jangan ada kontak mata dengan orang lain yang tidak kamu kenal di gerbong. Pengecualian jika ada hal-hal emergency. Kontak mata dianggap kasar dan mengganggu. Tips 7 subway : Jangan pernah berpikir kalau ada gerbong kosong berarti kamu beruntung. Seringkali komuter mengosongkan gerbong itu karena ada bau ga sedap. Tips 8 subway : Kalau ada anak alay atau abg bawa masuk boombox ke gerbong dan mulai meminta komuter mengosongkan area tengah, gak usah khawatir. Namanya juga abg, ikutin saja...kalau mereka berakrobat gak usah diikutin nanti kamu encok hehe..Kalau kamu nonton pertunjukan kasih tips saja, aman. (kok kayak pengamen di jaman KRL ekonomi yah hihihi)

Dress Tips

Makan siang pake hiking pants pendek tanpa retsleting kamu akan dianggap turis di area West Village. Selalu cek dress code jika ada undangan makan, nonton, atau ke hall konser.

SKSD sama orang lain

Di budaya timur, walaupun terkenal keramahannya namun menyapa bersuara tidak lazim dilakukan pada orang yang tidak dikenal. Apalagi memuji cara orang berpakaian sangat tidak lazim. Nah, di budaya barat hal ini lazim dilakukan dengan batasan-batasan tertentu. Menyapa orang tidak dikenal dengan 'say hello' saja di New York pun sangat tidak lazim. Namun memuji baju atau sepatu dengan tepat bisa buat orang yang dipuji tersenyum, setidaknya mendapatkan pahala karena membuat orang lain tersenyum...coba aja. Kalau nyasar dan butuh arahan, cobain saja waving kemudian mendekati orang tersebut dan utarakan maksudmu 'to the point'. "Excuse me, could you help me with directions?" siap-siap dengan jawaban ya atau tidak. Orang timur di Indonesia terbiasa dengan jawaban 'ya' atau tepatnya sok tahu LOL. Pikir positif saja, mencoba membantu.

Antri buat beli makan

Antri buat beli makan di Indonesia wajar...Jepang apalagi wajar banget antri 100 meter cuma buat beli sensasi es krim yang katanya lezaaat...New York, jangan!! Buang waktu, buanyak tempat makan yang enak di sono....

Ketemu celebs Hollywood

Celeb konon jarang datang ke NewYork cuma buat jalan-jalan, biasanya mereka ada maksud utama seperti datang ke premiere, fashion show, atau event lain. Kebiasaan New Yorker-y sejati jika bertemu dengan celebs adalah membiarkannya seperti orang biasa, biarkan mereka hidup damai di hiruk-pikuknya New York. Jadi blended lah ... ikuti ala New Yorker. New York beda dengan di L.A ..... apalagi Jakarta. Cuss.... www.cntraveler.com

Komentar

Fresh