Dilema Rock Melon | OPINI.id

Buah melon asal negeri Kanguru ini tercemar bakteri Listeria. Kementerian Pertanian (Kemtan) menutup pemasukan rock melon (cantalupe) dari Australia ke Indonesia.

Rock Melon : Buah Maut Dari Australia

Ini adalah buah melon asal Australia yang sudah membunuh sedikitnya 4 warga negeri kanguru. Melon ini bisa membunuh lantaran terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes. Bakteri mematikan ini berasal dari Nericon, New South Wales. Bakteri berada di tanah, pakan ternah yang dibuat dari daun-daunan hijau yang diawetkan dengan fermentasi. Sumber alami lainnya berasal dari feses ternak. Gejala bagi yang mengkonsumsinya, sangat sulit dibedakan dengan penyakit flu biasa. Umumnya, pasien akan merasakan demam dan sakit kepala, beberapa waktu setelah terkontaminasi.

Antisipasi Indonesia Terhadap Rock Melon

Selain himbauan kepada masyarakat untuk menghindari kontak dengan buah melon impor dan mengkonsumsinya. Badan Karantina juga akan memperketat pemeriksaan buah impor dari Australia. Bahkan Kemtan sudah menutup pemasokan rock melon dari Australia ke Indonesia. Langkah ini diambil sebagai salah satu bentuk perlindungan konsumen Indonesia. Bahkan, sampai ada pemusnahan terhadap rock melon yang sudah masuk ke Indonesia sejak 3 Maret 2018.

Komentar

Fresh