Bingung cari SMK? Wajib baca | OPINI.id

Jika dihitung jumlah Sekolah Menengah Akhir sederajat memang tidak sedikit jumlahnya, ini bisa dibuktikan dengan menghitung jumlah Sekolah Menengah Akhir Sederajat yang jaraknya tidaklah berjauhan, malah ada beberapa jika dipandang hampir bisa terlihat dekat. Seiring berjalanan waktu dan kebutuhan akan sumber daya manusia yang berkualitas, munculah tanggapan positif dari perusahaan untuk melirik lebih pada Sekolah Menengah Kejuruan, hal ini berimbas pada naiknya minat masyarakat pada SMK.

SMK favorit di Bekasi

Melirik sedikit keragaman dari banyaknya kejuruan dari tawaran Sekolah Menengah Kejuruan, tentu melihat kualitas dari sekolah tersebut rasa-rasanya sudah menjadi kewajiban yang mutlak, sebab dari sekolah yang berkualitas tentunya akan menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten dan berkualitas pula dibidangnya. Hal tersebut menjadi poin tersendiri bagi para pemburu Sekolah Menengah Kejuruan.

SMK Binakarya Mandir Bekasi

"Kenapa harus SMK Binakarya Mandiri Bekasi?" jika ada yang menanyakan demikian, tentunya akan langsung terbersit jawaban denga Fakta mencenangkan jika "Benar" SMK Binakarya Mandiri memiliki ribuan siswa, tiap tahunnya SMK yang letaknya persis di samping SPBU Jl. jatimulya ini selalu kebanjiran siswa baru, hal tersebut bisa dilihat dari siswa yang semakin menaik jumlahnya. Untuk menampung ribuan siswa, SMK Binakarya Mandiri Bekasi menyiapkan ratusan kelas yang dibagi kedalam tiga gedung utama yakni gedung yang terletak di Kampus A, kampus B dan kampus C. Meskipun memiliki 3 Gedung namun lokasi dari tiap gedung sendiri tidaklah jauh, bahkan antara gedung kampus A dan C masih dalam 1 ruang lingkup yang sama, hanya gedung kampus B yang berbeda namun jaraknya sangat dekat, jalan kaki saja jika dihitung menggunakan waktu tidak sampai memakai 10 menit. Bukan hanya gedung saja, tapi tempat parkir yang sangat luas membuat sekolah ini tidak pernah kerepotan untuk menaruh kendaraan. Bahkan dilihat dari pelataran gerbang utama kampus A dan C, terparkir 2 Excavator yang digunakan siswa kejuruan teknik alat berat untuk praktik.

SMK dengan jumlah komputer yang melimpah

Pada umumnya SMK wajib memilik perangkat komputer, baik sebagai sarana penunjang kebutuhan pelengkap para jajaran sekolah, mapupun untuk pelengkap praktek mata pelajaran komputer yang ditiap kejuruan memilikinya. Tak jarang hal ini menjadi momok bagi sekolah untuk menyediakan jumlah komputer yang sesuai dengan jumlah kebutuhan siswanya. tidak kurang dari 500 komputer sengaja di hadirkan untuk penyelenggaraan CBT tersebut, hal itu di benarkan oleh Pak Rendra selaku bagian kurikulum SMK Binakarya Mandiri Bekasi "Jumlah PC yang kami siapkan ada 120, di beberapa ruangan dengan panjang 20 meter, dengan total keseluruhan 500 PC , agenda kegiatan yang saat ini sedang berlangsung adalah TryOut CBT 5 SMP dan MTS". Dikutip dari kumparan.com/smk-binakarya-mandiri-kebanjiran-siswa-tryout-cbt. Tentu ini menjadi poin penting bagi keberhasilan SMK dalam pemenuhan kebutuhan siswa, sekaligus menjelaskan betapa SMK Binakarya Mandiri Bekasi siap dan selalu menyambut baik kemajuan pendidikan di Indonesia, hal tersebut dibuktikan dengan mengikuti UNBK sejak tahun ajaran kemarin, serta beberapa simulasi dan tryout yang tidak lagi membutuhkan kertas soal dan jawaban melainkan komputer sebagai sarananya.

Ada 6 kejuruan keren yang ditawarkan

Dengan jumlah siswa yang mencapai ribuan, pasti kejuruan yang ditawarkannya bukan sekedar kejuruan biasa-biasa saja, dan itu bisa di benarkan oleh sekolah itu sendiri. Ada Teknik Alat Berat (TAB), Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Teknik Elektronik Audio Vidio (TEAV) dan Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik (TPTL). Tidak tanggung-tanggung Teknik Alat Berat yang terbilang sulit dihadirkan SMK, di sekolah ini bisa menjadi salah satu pilihan menarik bagi calon siswanya. 6 pilihan kejuruan yang sangat dinantikan kelulusannya oleh para perusahaan, ditambah akreditasi A dari tiap kejuruannya menjadi poin terpenting dan jelas menunjukan kualitasnya.

Lebih dekat dengan Agama

Selain serangkaian kegiatan belajar mengajar, ternyata ada pula yang lain dari sekolah ini. "Ya" benar saja sebab ada kegiatan pembinaan di hari jumat pagi sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Kegiatan pembinaan sengaja dilakukan untuk lebih mendekatkan siswa yang kebanyakan beragama Islam agar semakin lebih dekat dengan tuhannya. Rangkaian kegiatan tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran, dilanjut tausiyah dan diakhiri dengan do'a. Imbas yang terjadi dari pembinaan itu tentu berdampak besar bagi keimana dan ketakwaan siswa kepada tuhannya, serta menjadikan siswa dengan kepribadian baik. Selain kegiatan pembinaan, ada pula kegiatan-kegiatan yang erat kaitannya dengan Agama Islam. Tak jarang ustaz dan habibullah mampir ke SMK Binakarya Mandiri Bekasi untuk memberi tausiyah, salah satunya Al Habib Alwi Bin Muhamad Bin Hud Al Athos selaku pimpinan Majelis taklim Al Munawwir.

Bursa Kerja Khusus

Sekolah dengan jumlah ribuan siswa tentu akan kewalahan untuk menyalurkan siswanya ke perusahaan jika tidak ikut ambil bagian dalam pencarian kerja bagi kelulusannya. Untu itu SMK Binakarya Mandir Bekasi menghadirkan Bursa Kerja Khusus yang sudah memiliki hampir puluhan perusahaan ikut bekerjasama dalam pemberdayaan sumber daya manusia. Maka tidak heran jika tiap minggunya BKK SMK Binakarya Mandiri Bekasi selalu melakukan tes penerimaan calon tenaga kerja baru, tak tanggung-tanggung jumlah peserta yang ikut sampai ratusan orang. Kendati jumlah yang kian meningkat, BKK ini selalu membatasi pesertanya, hal tersebut untuk menciptakan peluang masuk sebagai calon tenaga kerja baru lebih besar dibanding yang gagal. www.pojok-mata.xyz

Komentar

Fresh