Peranan Media dengan Kebijakan KPI | OPINI.id

Peranan Media Dalam Menghadapi Kebijakan KPI yang Telah Ditetapkan

Bagaimana peranan media saat ini dengan kebijakan yang ditetapkan kpi?

Nama : Tomi Syahrul Kurniawan Kelompok : 3 Salah satu fungsi KPI selain sebagai lembaga perwujudan dan partisipasi masyarakat dalam penyiaran adalah mewadahi aspirasi dan mewakili kepentingan masyarakat akan penyiaran di Indonesia. Dalam menjalankan fungsinya, KPI harus mengusahakan agar tercipta suatu sistem penyiaran nasional yang memberikan kepastian hukum, tatanan, serta keteraturan berdasarkan asas persamaan dan keadilan. Peran media massa televisi dalam pembangunan karakter bangsa, haruslah berlandas pada perspektif budaya Indonesia yang meletakkan landasannya dalam kerangka negara kesatuan, dengan keanerakagaman budaya yang memiliki nilai-nilai luhur, kebijaksanaan dan pengetahuan lokal yang arif dan bijaksana. Media televisi di Indonesia harus mampu menggali dan menjadikannya sebagai norma acuan atau tolak ukur di dalam melakukan penyiarannya. Namun dikarnakan asas politik ekonomi media, ada sebagian media saat ini mengesampingkan aturan-aturan yang telah KPI buat. Akan keperluan pemasukan iklan dan juga ketetarikan masyarakat akan film-film yang membuat rating stasiun televisi tersebut naik. Stasiun televisi akhirnya menayangkan berbagai sinetron dan infotainment yang semakin marak disiarkan di layar kaca setiap hari adalah salah satu contoh betapa misi edukasi justru semakin terpinggirkan, belum lagi tayangan-tayangan yang menyuguhkan kekerasan, pornografi dan pornoaksi. Yang terjadi sekarang, masyarakat dibuat cemas dengan serbuan berbagai sinetron yang semakin melampaui batas “wajar”. Bayangkan saja, betapa mirisnya kita sebagai penonton televisi yang setiap hari dijejali dengan sinetron yang tidak berkualitas dan isinya hanya “manajemen konflik” antar tokoh, dan lebih banyak mengumbar hedonisme, bahkan mendoktrin kita untuk menerima dengan gamblang pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa.

Komentar

Fresh