Kartunis Jepang nyesal kritik Jokowi | OPINI.id

#IndonesiaBukanPengemis. Ini adalah tagar yang jadi trending di twitter baru-baru ini. Tagar ini duduk peringkat dua tweet paling banyak ditulis masyarakat Indonesia.

Onan Hiroshi picu tagar #IndonesiaBukanPengemis

Kartun satire racikan Onan Hiroshi picu tagar #IndonesiaBukanPengemis. Kartunis asal Jepang ini, menyebut Presiden Jokowi adalah pengemis kereta cepat. Tentu saja sindirannya ini dalam bentuk kartun menuai amarah masyarakat Indonesia. Sampai-sampai, mereka klaim Indonesia Bukan Pengemis. Lewat akun twitternya, ia tampakkan ilustrasi pengemis. Kemudian, Hiroshi gambar Jokowi seperti 'pengemis', namun bukan ngemis uang tapi kereta cepat. Ada sosok Presiden China, Xi Jinping dan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe juga di kartun ini.

Hiroshi sindir Indonesia lewat kartun

Asal muasal munculnya kartun satire ini terkait kerja sama pengadaan kereta cepat dengan Jepang. Negeri Sakura juga telah lakukan studi kelayakan atas proyek itu. Tapi, China datang dan bawa penawaran yang lebih murah daripada Jepang. Indonesia kemudian serahkan data studi yang dilakukan Jepang ke China. Gak hanya itu saja, bahkan sampai penyerahan proyek kereta cepat juga pindah ke tangan China. Inilah yang picu kartun satire Hiroshi.

Hiroshi minta maaf

Setelah membuat masyarakat Indonesia kesal. Hiroshi pun meminta maaf atas karya yang dibuatnya. Kartunis asal Jepang ini mengunggah fotonya yang sedang bersujud sebagai bentuk permintaan maafnya. "I,m sorry.beggar is over Excessive demands. I was heat up. but now cooldown. Mr.president JOKOWI and Indonesian everyone, and Indnesia gov I,m Really sorry. I am shame. I take back picture. I'm sorry."

Onan Hiroshi memang spesialis kartun satire

Terkait kasus kartun satire yang menyentil Jokowi hingga mengundang kemarahan sebagian masyarakat Indonesia. Hiroshi minta maaf. Tapi, siapa sih Hiroshi? Dia adalah spesialis kartun satire. Karya ngeselinnya banyak, gak cuma geopolotik Indoa aja. Bahkan Hiroshi juga pernah menyentil dan menyindir pendemo Anti-LGBT.Meskipun ia asli orang Jepang, tapi Hiroshi berdomisili di Bangkok,Thailand.

Komentar (7)

Fresh