Di Balik Secangkir Kopi | OPINI.id

Kopi merupakan komoditas terbesar kedua di seluruh dunia dan telah menjadi minuman wajib banyak orang dalam kehidupan sehari-hari. Minuman yang menjadi trend foto instagramable di social media ternyata memiliki banyak keunikan dan manfaat. Berikut adalah fakta-fakta unik di balik kopi asli Indonesia

Indonesia Penghasil Kopi Terbanyak Keempat di Dunia

Tahukah anda? Dari 195 negara di dunia ini, Indonesia menduduki peringkat keempat produsen kopi paling banyak! Betul, tepat di bawah peringkat negara Brasil, Vietnam, dan Kolombia. Indonesia sendiri memiliki peningkatan konsumsi kopi dari tahun ke tahun dan akan terus bertambah. Tidak heran bukan mengapa coffee shop semakin banyak berkembang?

Kopi Termahal di Dunia adalah Kopi Luwak yang Asalnya dari Indonesia

Kopi luwak memiliki sejarah yang cukup unik. Pada zaman Belanda, para petani tidak boleh mencicipi kopi yang telah ditanamnya. Namun ketika seekor musang memakannya dan mengeluarkan kotoran berbentuk biji kopi, petani merebusnya dan ternyata sangat nikmat diminum! Kopi yang banyak diproduksi di pulau Sumatera, Jawa, dan Bali kini menjadi kopi favorit dan termahal di dunia. Harganya pun tergantung pada kualitas biji kopi yang dihasilkan seekor musang.

Kedai Kopi Tertua di Indonesia Berumur Lima Generasi

Kedai kopi Liaw Tek Soen meraih rekor kedai kopi tertua yang melewati lima generasi penerus bermula pada tahun 1878 oleh Liaw Tek Soen di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta. Kedai kopi yang awalnya berbentuk toko kelontong dan warung nasi sempat tutup karena peperangan zaman Belanda dan Jepang tetap berhasil bertahan. Kini Kedai Kopi Liaw Tek Soen mengubah namanya menjadi Koffie Warung Tinggi dan sudah memiliki lebih dari 200 jenis kopi racikan.

Kopi Sachet Pertama di Indonesia adalah Kopi Kapal Api

Siapa penggemar kopi di tanah air yang tidak mengenal merek Kapal Api? Produk Kapal Api yang diproduksi PT Santos Jaya Abadi menguasai 50 persen pemasaran dan penjualan kopi secara nasional. Pilihan yang dijual pun beraneka ragam; Kapal Api, Good Day, Excelso, ABC, Kapten, dan Ya! Kopi yang dulu dijual menggunakan sepeda ontel keliling kampung kini sudah meluas dari Sabang sampai Merauke dan dipercaya sebagai kopi yang berdasar lidah orang Indonesia.

Provinsi Penghasil Kopi Terbanyak di Indonesia

Sekitar 1,24 juta hektar lahan di Indonesia adalah perkebunan kopi, 933 hektar perkebunan robusta dan 307 hekar perkebunan arabika. Sayangnya, biji kopi arabika lebih berkualitas diproduksi negara-negara Amerika Barat seperti Brazil dan Kolombia, oleh sebab itu mayoritas ekspor kopi Indonesia adalah kopi robusta. Provinsi-provinsi yang paling berpengaruh dalam produksi kopi robusta adalah Bengkulu, Sulawesi Selatan, dan Lampung. Sedangkan provinsi-provinsi yang paling banyak memproduksi kopi arabika adalah Aceh dan Sumatera Utara.

Jadi, Bagi Anda yang Penggemar Kopi. Manakah Kopi Favorit Anda?
Robusta
Arabika
Kopi Luwak
Toraja
213 votes

Komentar

Fresh