KEPERCAYAAN ANEH KOPIMISM | OPINI.id

Kopimism bukan kepercayaan para penganut kopi, tapi kepercayaan yang mempercayai file sharing sebagai tuntunan hidup utama mereka. Ahay.. simak

Kopimist

Kopimisme lahir di Swedia, dan sudah terdaftar resmi di biro hukum, administrasi, dan keuangan Swedia setelah 3 kali usaha registrasi. Didirikan oleh dua orang pemuda Isak Gerson dan Gustav Nipe, Gerson menolak jika kopimism ini berkaitan erat dengan gereja. Bisa jadi penganutnya beragama Kristen namun tidak ada sama sekali kaitannya dengan institusi Gereja. Penganutnya disebut dengan nama Kopimist.

Asal-usul nama

Nama Kopimism berasal dari kata copy dan me, copy dan me ini menjadi dasar kepercayaan mereka. Jangan dikira, mereka bahkan punya dasar konstitusi : - Copying of information is ethically right; - Dissemination of information is ethically right; - Copymixing is a sacred kind of copying, more so than the perfect, digital copying, because it expands and enhances the existing wealth of information; - Copying or remixing information communicated by another person is seen as an act of respect and a strong expression of acceptance and Kopimistic faith; - The Internet is holy (Not generally accepted by churches run by the Maesters); - Code is law. set daaah!!

Diakui negara

Sejak 5 Januari 2012, kepercayaan ini diakui negara Swedia secara legal hukum dengan anggota/penganut sekitar 4000 orang. Mereka secara filosofi percaya bahwa semua informasi harus secara bebas disebarluaskan tanpa ada halangan. Filosofi ini dengan jelas menentang aturan mengenai copyright. Lucunya... hihi... CTRL+C dan CTRL+V menjadi simbol suci mereka. Bahkan, akhir-akhir ini mereka telah menyelenggarakan seremoni pernikahan pertama.

Kontroversi

Ternyata dua anak muda yang menukangi munculnya kepercayaan ini, Isak Gerson dan Gustav Nipe, adalah aktivis pergerakan anti pembajakan di Swedia. Para jurnalis dan pemerintah di Swedia berspekulasi jika kedua anak muda ini adalah seorang political adventure, PR experiment, atau bisa jadi penurunan harkat sebuah Agama. ngaco yah... Sebelum komentar/mikir garis keras dan pendek, lu kira lebih dari 5 miliar manusia di Dunia bisa memiliki pikiran relatif sama? bbc.com

Komentar

Fresh