LIMA TANDA BOS HARUS DIPECAT | OPINI.id

Bos yang ngaco pastinya akan mebuat perusahaan limbung juga. Faktor Bos adalah faktor paling tinggi karyawan resign. Ini lima tanda bos harus dipecat,

Suka Berteriak

Jika bosmu punya anggapan berteriak adalah salah satu cara komunikasi, maka dia berhak buat memecat dirinya. Berteriak bukan cara komunikasi, namun cara menunjukkan jika kamu seorang pemimpin perang. Maka wajar saja jika komandan tentara berteriak ke anak buahnya. Jadi.. kalau bos tentara wajar saja. Berteriak malah akan membuat orang lain ketakutan atau menghindar. Tidak akan ada tim yang bisa berkembang dengan teriakan, tim akan berkembang jika mereka diberi kewenangan dan bekerja dengan misi/tujuan yang sama. Jadi komunikasikan misi/tujuan dengan baik akan lebih efektif dibanding mengkomunikasikan dengan teriakan.

Bos tidak paham kerjaanmu

Idealnya setiap bos harus bisa juga mengerjakan pekerjaan anak buahnya, jika anak buahnya berhalangan maka dengan cepat bosmu bisa ambil alih. Pada zaman ini, persepsi bos harus bisa meng-handle pekerjaanmu sudah tidak cocok lagi karena semakin rumitnya pekerjaan kini. Namun setidaknya bos paham pekerjaanmu, dia paham setiap kesulitan-kesulitan di pekerjaan anak buahnya.

Bos seorang 'show horse' bukan 'work horse'

Supaya gampang ...gini mikirnya, apakah pekerjaan timmu mem-promote Bosmu atau Bisnis. Jika kerjasama tim yang selama ini terjalin hanya bisa mem-promote bos, maka itulah bos = show horse. Ekstremnya Bos yang 'Work Horse' hidup dan mati dari bisnis perusahaan, passionnya adalah mendorong perusahaan terus maju, bukan karirnya saja yang maju. Lain kata Show horse adalah bos yang lebih fokus mempromosikan dirinya sendiri, image-nya. Harry Truman pernah ber-satire (silakan googling siapa Harry Truman) "It is amazing what you can accomplish if you do not care who gets the credit."

Bos gak paham budaya perusahaan

CEO, Manajer, dan staff harus selalu terkoneksi, alat supaya mereka terkoneksi adalah budaya perusahaan. Supaya paham budaya perusahaan bos harus lebih sering mendengar dan gaul (gaul dalam lingkup pekerjaan). Budaya perusahaan tidak akan paham jika hanya dengan membaca handbook perusahaan atau piknik/outing perusahaan. Budaya perusahaan yang rendah pastinya akan mempengaruhi kekuatan perusahaan di Industrinya.

Bos terlalu fokus hal kecil dan gak penting

Kalau bosmu sering mengomelimu cuma karena kesalahan kecil, maka kamu pecat saja bosmu. Bos yang efektif harus fokus ke gambaran gede dari pada tetek bengek pekerjaan. Dia tahu masalah, garis besar dan terus berusaha menghargai orang lain. Bos yang paham gambaran besar akan bisa connecting the dots. Bos yang akan selalu jadi nahkoda di terpaan badai.

Kamu tidak bisa memecat bos

Logisnya tidak ada anak buah yang bisa memecat bosmu, maksudnya jika bosmu seperti di slide-slide sebelumnya maka pecat bosmu dengan cara pindah kerjaan. cari pacar lagi ..... hehehe maaf... Dari : Zack Friedman, forbes.com

Komentar

Fresh