HARLEY DAVIDSON MENJELANG KEMATIAN | OPINI.id

Semakin hari keadaan keuangan Perusahaan Harley Davidson semakin memburuk. Harley Davidson terkenal dengan motor-motor gedenya yang biasa ditunggangi sama Om-om bewokan berbadan semi tambun. Bukan asal tulis judul, ini tanda-tandanya Harley Davidson (HD) bakal bangkrut.

Tutup pabrik

Menurut situs resminya, HD memiliki total tiga pabrik yaitu di York-Pennsylvania, Menomonee Falls-Wisconsin, dan Kansas City-Missouri. Pada tanggal 30 Januari 2018, secara resmi HD menutup pabriknya di Kansas City. Pabrik ini memiliki luas 358.000 meter persegi dengan mempekerjakan sekitar hampir 800 orang karyawan dan dibuat pada tahun 1998. Pabrik Kansas City bertugas memproduksi lini produk sportster, Softail dan motor-motor street.

Keuntungan menurun

Laporan resmi perusahaan bilang laporan keuangan kuarter keempat menunjukkan penurunan keuntungan yang signifikan. Keuntungan HD pada kuarter empat 2017 jatuh 83 persen jika dibandingkan dengan kuarter empat 2016. Pada kuarter tersebut HD hanya mengantongi untung 8,3 juta USD, sangat kecil jika dibandingkan keuntungannya pada kuarter empat 2016 yaitu sebesar 47,2 juta USD. Penjualan motor HD menurun sebesar 6,7 persen di 2017 secara internasional jika dibandingkan 2016.

Motor Listrik

Walau mengalami kerugian dan PHK Karyawan namun HD akan menambah kapasitas karyawannya di Pabrik York-Pennsylvania, pabrik itu akan menerima sekitar 450 karyawan baru. Alih-alih menyerah, Harley Davidson akan meluncurkan inovasi baru berupa motor listrik di akhir 2018. Selama empat tahun belakang, HD melakukan riset terhadap motor listrik yang akan diproduksinya. Walaupun belum ada detail spesifikasinya, namun HD pernah melakukan test drive pada motor listriknya pada tahun 2014. Gak sabar nunggu datangnya motor listrik Harley Davidson dari : jalopnikcom

Komentar

Fresh