Sumber Daya Alam Yang Akan Habis | OPINI.id

Sumber daya alam ada yang bisa diperbaharui, ada yang tidak. Artinya ada sumber daya alam yang bisa habis atau paling tidak, tidak bisa memenuhi kebutuhan populasi manusia yang terus bertambah. Sumber : theguardian.com

Air Tawar

Air tawar hanya 2,5% dari seluruh jumlah air di dunia dan parahnya 70% dari air tawar beku di gunung es di kutub. Jadi tidak aneh kalau air tawar bisa menjadi barang langka di masa depan. Bahkan PBB menyatakan 1,8 miliar orang akan kesulitan air tawar pada tahun 2025.

Minyak Bumi

Habisnya minyak bumi menjadi salah satu masa depan yang mengerikan untuk industri minyak. Menurut data dari BP (British Petroleum), bila konsumsi minyak tidak berubah, minyak bumi akan habis sekitar 50 tahunan lagi.

Batu Bara

Batu bara merupakan cadangan sumber daya alam dari fosil terbesar saat ini. Walaupun begitu diperkirakan batu bara akan habis sekitar 188 tahun lagi.

Gas Alam

Serupa dengan minyak bumi, gas alam juga bisa habis. Dan apabila penggunaannya tidak berkurang gas alam diperkirakan akan habis dalam 70-an tahun ke depan.

Komentar (1)

Fresh