ALASAN MALAS BANGUN DI PAGI YANG HUJAN | OPINI.id

Ahay... pagi-pagi mendung ditambah hujan, waduh malas banget yak. Kaki terasa berat, mata kayak dikunci, pokoknya pengennya boboook teruus. Bukan masalah 'malas' semata sih, tapi ada hal-hal ilmiah dibalik malas bangun di pagi yang hujan.

RESPON ALAMI TUBUH PADA CAHAYA

Secara alami, manusia adalah makhluk siang, maksudnya paling banyak mengalami aktivitas di siang hari. Bukan makhluk nokturnal seperti kelelawar. Nah manusia akan secara spontan memberi reaksi terhadap cahaya. Reaksi spontan ketika tidur terhadap cahaya adalah terbangun.

HORMON MELATONIN

Ini adalah salah satu hormon yang berperan membangunkan manusia. Cahaya bisa menstimulan keluarnya melatonin. Melatonin berfungsi mengatur siklus tidur-bangun manusia. Badan terus memproduksi melatonin walau jam alarm sudah berhenti. Dalam jumlah kecil, melatonin ada di dalam makanan seperti daging, gandum, buah dan sayur. Selain Melatonin, hormon lain yang selalu berhubungan dengan mood manusia seperti Serotonin akan dikeluarkan karena stimulan cahaya. Serotonin sangat mempengaruhi mood.

AROMA RELAKS

Alasan non-hormonal yang bisa membuat malas bangun pagi adalah munculnya aroma relaks. Aroma relaks di pagi hari seperti aroma tanah yang terkena air hujan, dikenal dengan aroma 'musky' (Musky Scent). Musky Scent ini diproduksi ketika zat bernama geosmin berinteraksi dengan zat serupa minyak di tanaman. Minyak ini secara alami dikeluarkan selama periode kering dengan maksud mencegah bibit/biji berkecambah. Riset bilang kalau aroma zat ozone juga bisa membuat seseorang relaks/malas. Aroma ozone akan tersium seketika biasanya setelah hujan lebat/badai. Aromanya mirip seperti bau kain yang setelah dicuci bersih.

PINK NOISE

Ritme suara hujan (tetes-tetes air) disebut juga 'pink noise'. Pink Noise merupakan salah satu noise yang bisa bikin relaks selain white noise atau laundry noise. Riset bilang jika pink noise bisa meningkatkan kualitas tidur dengan cara meredam suara-suara lain dan menurunkan kinerja otak.

Komentar

Fresh