ANAK FIDEL CASTRO BUNUH DIRI | OPINI.id

Dari dua istrinya, Fidel Castro punya sebelas anak. Anak tertuanya Fidel Castro Díaz-Balart (Castro Jr) lahir tahun 1949 dari istri pertamanya Mirta Diaz-Balart. Naasnya Fidel Castro Díaz-Balart tewas pada 1 Februari 2018 dengan cara bunuh diri setelah dirawat selama satu bulan karena depresi.

PALING MIRIP DENGAN FIDEL CASTRO

Fidel Castro Díaz-Balart selain dikenal dengan nama Castro Jr, juga dikenal dengan nama Fidelito. Julukan Fidelito ini disematkan karena kemiripan secara fisik dengan Bapaknya. Apalagi jika janggutnya juga dipanjangin.

JENIUS AHLI NUKLIR

Beda sama beberapa anak pejabat di Indonesia yang manjanya bukan main, petenteng-petenteng kayak Kim Jong Un! Nih ... Fidelito itu juga seorang Ahli Nuklir. Dia belajar di Uni Soviet dulu. Fidelito lulus dari universitas Lomonosov, Moskow dan Institut Kurchatov, sebuah institusi energi nuklir paling prestisius. Kemudian Fidelito melanjutkan studinya sehingga meraih gelar PHD di bidang Matematika dan Science pada tahun 80-an. Sudah sejak lama Fidelito menjabat scientific counsellor atau kepala urusan program nuklir negara buat pemerintahan Kuba.

JANGAN TERTUKAR DENGAN RAUL CASTRO

Nah, Raul Castro yang menjabat jadi Presiden Kuba itu bukan anaknya Fidel Castro. Tapi Raul adalah adiknya Pak Castro.

DICULIK BAPAKNYA

Atas keputusan bersama akhirnya Mirta dan Castro bercerai. Mereka bercerai pada tahun 1955 ketika Castro berada di pengasingan. Konsekuensi dari perceraian ini adalah Mirta memperoleh hak asuh Fidelito. Hal ini membuat Castro marah, Castro tidak mau anaknya tumbuh di lingkungan bourjois. Secara dingin Castro menculik Fidelito ketika mendapat kesempatan berkunjung ke Meksiko, sebelum akhirnya melanjutkan ekspedisinya menuju Kuba bersama anaknya.

DIPECAT BAPAKNYA SENDIRI

Fidelito turun dari posisi Kepala Urusan Program Nuklir Kuba bukan karena pengunduran diri (resign) tapi karena dipecat Bapaknya. Menarik komentar Fidel Castro setelah memecat anaknya. "Tak ada pengunduran diri, Dia dipecat karena inkompetensi. Di sini (Kuba) Kami tidak butuh monarki!" (sumber : www.independent.co.uk)

Komentar

Fresh