Aceh vs Saudi Arabia | OPINI.id

Disaat Saudi Arabia mulai memberikan hak kepada wanita, justru di Aceh kaum perempuan semakin terkekang karena banyaknya diskriminasi.

Bentuk diskriminasi wanita di Aceh

Meskipun menurut Rahmadhani, Kepala Pariwisata Pemerintah Aceh, penerapan Syariat Islam di Aceh tak bersifat diskriminatif. Tetapi buktinya masih ada beberapa perlakuan diskriminatif terhadap kaum perempuan. Tidak boleh keluar saat malam Para perempuan Aceh gak bisa menikmati indahnya malam di kota mereka. Itu karena adanya larangan keluar ketika malam tiba. Harus duduk miring saat berboncengan motor Bagi semua perempuan diwajibkan untuk mengambil posisi menyamping ketika akan berboncengan di motor Nggak boleh menggunakan pakaian ketat Gak hanya itu saja, para perempuan juga dilarang memakai pakaian ketat, atau mendekati ketat. Tidak boleh mendaki Meski gak ada pernyataan resmi, tapi kaum perempuan dianggap tak pantas mendaki gunung karena merepotkan. Hal ini yang membuat sebagian besar perempuan yang ingin mendaki gunung mengalami kesulitan.

Saudi Arabia

Sementara itu di Arab, diskriminasi terhadap perempuan perlahan dihapuskan. Kaum perempuan sudah boleh melakukan beberapa hal ini. Menyetir mobil sendiri Dulu, kaum perempuan di sana sangat sulit mengendarai kendaraan sendiri. Maklum saj dilarang. Tapi kini sudah boleh. Menonton sepak bola Sekarang mereka semua bisa menyaksikan pertandingan sepak bola dari stadion. Menonton bioskop Mereka semua juga sekarang sudah boleh menonton film layar lebar. Dengan begitu, diskriminasi terhadap kaum perempuan di Saudi Arabia semakin berkurang atau bahkan perlahan menghilang.

Komentar (4)

Fresh