Fakta dibalik kekuatan ban pesawat | OPINI.id

Mungkin banyak yang bertanya, kenapa ban sekecil itu bisa menahan berat pesawat yang mencapai ratusan ton. Nah, ini dia guys faktanya.

Punya tekanan besar

Ban pesawat ini memang gak padat, tapi di dalamnya ada gas/udara dengan tekanan yang cukup besar sekitar enam kali lebih besar dari tekanan mobil.

Punya 4 garis

Ban pesawat terbang punya 4 garis sederhana. Garis ini dirancang agar tidak terjadi hydroplaning saat mendarat di atas landasan basah. Membuat ban tetap lurus ketika berada di atas permukaan air. Lapisan tali ban memperkuat tahanan ban ketika berputar dalam kecepatan tinggi.

Punya 16 lapisan

Ban pesawat dirancang dengan beberapa lapis, mencapai 16 lapis, harga ban pesawat sekitar 5 juta untuk ukuran kecil dan mencapai 20 juta satu ban dengan daya tahan lebih kuat. Jadi bisa dilihat ketika pesawat mendarat, akan muncul asap dari ban. Keausan ban pesawat paling banyak terjadi ketika ban pesawat menyentuh landasan dan bergulir setelah menyentuh permukaan.

Harganya mahal

Dikarenakan canggih, makanya harga ban pesawat pun mahal. Untuk harga ban pesawat mencapai Rp 5 juta, itupun ukuran kecil. Sedangkan untuk ban yang punya daya tahan lebih kuat mencapai Rp 20 juta harga satu bannya.

Komentar (2)

Fresh