CARA SEKTE CUCI OTAK ANGGOTANYA | OPINI.id

Sekte, kelompok ekstrimis, grup kepercayaan sesat dan sebagainya bisa hidup bila mereka sukses mencuci otak para anggotanya. Ada beberapa cara yang mereka gunakan. Jadi kalau kamu sudah merasa ada 1 atau lebih dari cara ini dilakukan sebuah kelompok ke kamu, kamu harus sangat waspada.

MEYAKINKAN KAMU GA BAHAGIA

Hal yang paling umum adalah meyakinkan kamu, kalau kamu tidak bahagia. Bahwa kamu bisa mendapatkan kebahagian atau hidup yang lebih baik dengan cara bergabung dengan kelompok itu atau sekedar ikut aktivitasnya.

MENGISOLASI KAMU

Cara berikutnya adalah berbagai usaha mengisolasi kamu dari keluarga atau teman kamu. Biasanya dengan mengajak kamu ikut berbagai macam aktivitas, tapi bisa juga dengan membuat kamu bertengkar dengan mereka, dsb.

PATUH

Langkah lain adalah dengan membuat aturan yang harus kamu ikuti, dengan alasan kalau kamu tidak mengikuti aturan itu, kamu tidak akan bahagia, gagal, dsb. Akibatnya kamu dilatih untuk menjadi anggota yang patuh.

DIBUAT LELAH

Kamu juga akan dibuat mengikuti banyak kegiatan bersama dan mengerjakan banyak pekerjaan, biasanya dengan cara yang menyenangkan. Tujuannya agar kamu lelah dan tidak banyak berpikir tentang keputusan atau aturan pimpinan kamu.

MENYUMBANGKAN UANG

Kelompok ini juga biasanya menganjurkan anggotanya mengeluarkan uang, bisa dalam bentuk donasi, iuran, membeli barang, dsb. Intinya adalah agar kamu tidak punya uang lebih untuk beli game atau liburan yang menjauhkan kamu dengan kelompok itu.

KETERGANTUNGAN

Cara akhirnya adalah membuat kamu merasa tidak berarti kalau kamu keluar dari kelompok itu dan membuat kamu merasa tersesat bila tidak dibimbing pemimpin kelompok. Kalau sampai tahap ini, kemungkinan kamu sulit keluar dari kelompok itu.

Komentar

Fresh