WASPADA LIVER BERMASALAH | OPINI.id

Liver atau Hati (selanjutnya dibaca hati) adalah organ yang berperan multitasking. Hati bisa membersihkan darah, berperan dalam metabolisme, dan berperan kuat dalam sistem pencernaan. Selain itu hati berfungsi menyaring semua nutrisi yang ada di makanan kemudian menyebarkan ke seluruh tubuh via aliran darah, kemudian menghilangkan racun yang bisa jadi muncul dalam proses ini. Hati bisa bermasalah, kenali tanda-tandanya.

Kembung dan Sembelit

Hati akan semakin cepat bermasalah jika asupan tidak baik, obat-obatan atau bahkan karena banyaknya racun yang masuk ke tubuh. Hati diibaratkan seperti pusat komando pencernaan tubuh. Dia yang memberikan komando sekaligus melakukan tugas-tugas penyaringan semua asupan tubuh. Jika pusat komando ini sudah tidap perform, maka muncul gejala kembung dan susah buang air besar. Jadi hati-hati dengan perut buncit, bisa jadi perut buncit bukan karena lemak atau kegemukan. Tapi karena hati bermasalah

Kelelahan berlebihan

Riset bilang jika kelelahan berlebihan terjadi karena perubahan respon yang diterima otak yang memang munculnya karena stimulus dari hati. Ketika zat beracun mengalir di pembuluh darah yang diakibatkan karena hati yang rusak, penderita juga seringkali mengalami keliru kognitif seperti kebingungan atau perubahan mood drastis.

Urin berwarna gelap dan kulit kekuningan

Sudah seringkali di budaya orang Indonesia ada yang namanya 'penyakit kuning'. Penyakit kuning ini pertanda hati bermasalah. Warna gelap urine dan kuning kulit muncul karena tingginya kandungan bilirubin di dalam darah. Bilirbin muncul karena hati tidak bisa memetabolisir darah

Hormon tidak seimbang

Hati berperan dalam metabolisme tubuh, maka hormon sangat dibutuhkan dalam metabolisme ini. Pastinya ketika hati bermasalah maka hormon akan terganggu, dalam hal ini tidak seimbang. jangan dikira kalau hormon hanya berpengaruh terhadap mood saja, hormon yang tidak seimbang juga berpengaruh pada mood dan menstruasi yang tidak teratur.

Komentar

Fresh