Rusunawi vs Rusunawa pilih mana? | OPINI.id

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru luncurkan rumah DP Rp 0 di Pondok Kelapa, Jaktim. Huniannya berbentuk vertikal alias rumah susun (rusun).

Harga rusunawi Anies

Anies Baswedan luncurkan hunian vertikal alias rumah susun sih sebenarnya di Pondok Kelapa Jaktim. Dp 0 dengan masa cicilan alias tenor maksimal 15 tahun. Dengan asumsi tenor paling lama yakni 15 tahun dan bunga sebesar 5%, rumah seharga Rp 185 juta bisa dicicil sekitar Rp 1,5 juta per bulan atau Rp 1.462.968. Sedangkan simulasi cicilan untuk rumah seharga Rp 320 juta, bisa dicicil seharga Rp 2,5 jutaan (Rp 2.530.539). Hal itu berdasarkan asumsi tenor selama 15 tahun dan bunga 5%.

Rusunawi terhubung dengan moda transportasi

Rusun yang disebut Anies sebagai 'rumah lapis' ini juga rencananya terhubung dengan moda transportasi TransJakarta.

Harga rusunawa Ahok

Ahok pernah membagi program penyediaan hunian ajdi 4 segmen. Salah satu fokusnya adalah warga DKI yang direlokasi dan punya penghasilan minim yaitu Rp 3 juta. Ahok telah menghitung bahwa untuk membangun 1 unit rumah susun itu bisa seharga Rp 200 juta-250 juta. Namun Ahok tak akan menjualnya melainkan menyewakannya alias dengan skema Rusunawa (Rumah Susun Sederhana Sewa) Meski berjudul sewa, sebenarnya masyarakat yang menghuni rusun hanya akan dibebankan biaya sebesar Rp 5 ribu- Rp 15 ribu/hari saja. Biaya itu dibayarkan untuk biaya pemeliharaan dan kebersihan.

Fasilitas rusunawa

Penghuni rusun akan diberikan fasilitas penunjang dari mulai transportasi TransJakarta gratis hingga layanan kesehatan.

Jadi lebih baik mana rusunami atau rusunawa?
Rusunawi
Rusunawa
728 votes

Komentar (2)

Fresh