5 Kesalahan fotografer amatir | OPINI.id

Bukan menggurui, ini cuma sekedar men-list. Pastinya ada banyak kesalahan fotografer pemula, tapi sepertinya 5 kesalahan ini adalah yang paling mendasar dan mudah diperbaiki. Cekidot!!

Memakai built-in flash

Kamera DLSR atau smartphone biasanya memang dilengkapi dengan flash light. Namun menggunakan cahaya flash built-in ini seringkali menghasilkan foto yang terlalu terang atau menghasilkan bayangan kasar dan gelap dibalik objek. Gunakan semaksimal cahaya alami jika melakukan foto outdoor, gunakan 'golden hour' ketika cahaya alami tidak terlalu terang. Jika akan mem-foto indoor, menggunakan semaksimal cahaya alami yang masuk lewat jendela atau ventilasi bisa menghasilkan foto yang bagus. Jika cahaya terlalu terang, difuse memakai kain tipis atau kertas/lembaran putih.

Hasil foto JPEG

Banyak fotografer pemula memformat hasil fotonya dengan format JPEG. Alasannya adalah menghemat space memory card. Beuh!! Jalan-jalan ke toko komputer, ada banyak SD-CARD di sana yang mempunyai kapasitas sangat besar. Gunakan selalu format RAW, karena foto dengan format RAW bisa mudah dan reliable dirework menggunakan banyak photo editing tools.

Malas gerak ketika mem-foto

Bukan saja menghasilkan foto yang membosankan, tapi juga memfoto tanpa gerak kaki (diam saja) tidak membuat fotografer kreatif. Geraklah, seperti berlutut, cari perpektif beda, atau bahkan tengkurap di tanah. Tips, jika ada objek diam, bergeraklah mengelilingnya jika memungkinkan, untuk eksplor sisi uniknya. Tujuannya bukan hanya mendapatkan perspektif objek berbeda tapi juga buat mendapatkan pencahayaan optimal atau artistik.

Salah pakai jenis lensa

Banyak pemula adalah seorang 'die-hard' lensa zoom, walau lensa zoom memberikan kemampuan yang mumpuni tapi tidak se-fleksibel dan setajam prime lens. Ada juga pemula yang menggunakan wide-lens 24mm untuk foto portraits atau bahkan ada yang pakai lensa 400mm buat foto landscape. Wew,, bukannya tidak boleh tapi ada pilihan lebih baik why not? Jika lensa default-mu adalah 18-55mm, lensa yang harus kamu beli berikutnya adalah lensa 50mm. Lensa macam ini mudah digunakan, bandel, dan murah. Eksplore terus menggunakan lensa ini.

Sembarang pake program edit foto gretongan

Photoshop bukan tools murah, Photoshop atau lightroom memang mahal tapi program ini menawarkan tools yang bisa membuat fotomu keren. Jika memang keukeuh mau pakai yang gratisan tidak ada yang sebagus GIMP, GIMP memiliki penampakan dan fungsi mirip Photoshop tapi gretongan. Siapa yang tidak suka gretongan, apalagi orang Indonesia. Hahaay.

Kesalahan apa yang kamu sering lakukan ketika/sebagai amatir?
Pake flash built in
Pake aplikasi ngasal gretongan
Malu/malas gerak ketika moto
Salah pake lensa
7550 votes

Komentar (18)

Fresh