Salah Pencet Alarm Serangan Misil | OPINI.id

Negara sekitar Korea Utara dan Amerika Serikat semakin meningkatkan keamanan warganya. Hal ini terkait ancaman Kim Jong Un yang akan meluncurkan rudal jarak jauh. Untuk menangkal serangan rudal, Negara-negara itu memasang missile alarm.

Salah pencet

Sabtu tanggal 12 Januari 2018, penduduk Hawai dikagetkan dengan bunyi alarm serangan misil (peluru kendali). Seluruh warga pulau panik, ada yang keluar kamar gak pake baju, ada yang loncat dari lantai dua mendarat di kotoran Anjing, bahkan nih... ada yang langsung 'katakan cinta'.. lebay.

Maaf

Maaf slide sebelumnya setengah hoax, yang ngetik adalah bagian saya yang suka bercanda. Tapi yang pasti mereka dengar alarm serangan misil.

HI-EMA

Badan/Agen yang berhak mengeluarkan alarm adalah HI-EMA (Hawaii Emergency Management Agency). Ternyata misil tak kunjung datang dan disimpulkan HI-EMA mengeluarkan false alarm. Setelah diselikidiki alarm itu secara tidak sengaja ditransmitted oleh salah seorang karyawan HI-EMA. Mereka salah memilih menu drop-down! (Ini serius). Kejadian ini memunculkan pertanyaan tentang keseriusan staff HI-EMA demi melindungi Hawaii.

Karyawan koplak HI-EMA

Baru-baru ini, di dumay (dunia maya, bukan ghaib) tersebar foto pegawai HI-EMA. Foto tersebut memperlihatkan sang karyawan berdiri di depan meja kerjanya, tampak terlihat tampilan cctv dan dua monitor komputer kerjanya. Ada yang unik di bawah monitor meja kerjanya. Apaan tuh? di bawah monitor sebelah kiri tertempel post-it note dengan tulisan password, entah password buat apa. Foto ini adalah foto lawas di Juli 2017. HI-EMA klaim jika password itu adalah password untuk aplikasi internal yang malahan sekarang sudah tidak digunakan lagi. Tapi publik netijen Hawaii sudah terlanjur geram. FCC (The Federal Communications Commission) saat ini sedang melakukan penyelikidiki (susah ketik selidiki) mengenai kejadian itu.

Aplikasi maha penting tapi tampilan jadul

Akun twitter Honolulu Civil Beat @CivilBeat memposting screenshot, karyawan tadi meng-click 'PACOM (CDW) - STATE ONLY' link. Seharusnya yang diklik adalah 'Drill - PACOM (CDW) - STATE ONLY' link. Munculnya screenshot ini semakin menambah kericuhan netijen Hawaiiiii (maaf 'i' nya kebanyakan), karena tampilan UI (User Interface) yang jadul dan membingungkan. Jadi tidak sepenuhnya salah karyawan itu. Makanya jangan salah pencet Bang... salah pencet jadi dihujat warga satu pulau, matilah kau!! sumber : www.dailydot.com

Komentar

Fresh