Becak siap lenggang kangkung, setuju? | OPINI.id

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan siap menghidupkan becak lagi di Ibukota. Padahal, sudah lama banget loh becak dilarang.

Anies siap buka rute becak

udah lama kayaknya becak seakan mati ditelan kemajuan zaman. Bahkan, kalaupun mereka masih beroperasi sekarang ini, bisa dipastikan akan tersingkir oleh moda transportasi modern, sebut saja ojek online. Tapi kenyataannya, Anies Baswedan justru menghidupkan kembali becak di Jakarta. Bahkan, dia akan membuatkan rute khusus untuk becak di Jakarta dengan alasan kalau alat transportasi goes itu bisa jadi transportasi lingkungan. Menurut dia, bagian dari community action planning adalah termasuk mengatur becak bisa beroperasi pada rute-rute yang ditentukan sebagai angkutan lingkungan. Anies Baswedan mengatakan, becak tidak akan ada kalau tidak ada kebutuhan atas becak.

Anies hidupkan becak demi tepati janji?

Program menghidupkan kembali rute becak adalah salah satu janji politik Anies-Sandi dalam kampanye Pilkada 2017. Namun gak bisa dipungkiri jika Jokowi juga pernah menyatakan jika becak bisa tetap beroperasi saat berkampanye di Pilkada DKI beberapa waktu lalu. Tapi, janji kampanye tinggalah janji. Hingga saat Jokowi mundur dari jabatannya sebagai gubernur DKI dan terpilih sebagai Presiden RI pada 2014, peraturan daerah pelarangan becak masih tetap ada. Sumber: Tempo

Becak transportasi haram Ibukota

Mungkin kita masih menemukan alat transportasi goes ini di beberapa wilayah seperti Tangsel dan sebagainya. Tapi di Ibukota, sepertinya sudah tidak ada, karena banyak transportasi modern guys. Nah, sebenarnya becak itu udah dilarang sejak tahun 2007-an. Semuanya itu diatur berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 8 tahun 2007 tentang Ketertiban Umum. Becak sejatinya telah menjadi barang haram di Ibu Kota Jakarta. Kenapa begitu? Soalnya sejak era Jakarta dipimpin sama Gubernur Ali Sadikin dan penerusnya, becak itu udah disingkirkan. Bahkan di tahun 1980-1n, becak diburu dan digaruk besar-besaran. Bangkainya dibuang ke Teluk Jakarta untuk dijadikan rumpon atau tempat berkembang biak ikan. Tapi becak tetap beroperasi sembunyi-sembunyi di beberapa wilayah perumahan terutama yang tak terjangkau angkutan kota. Becak kini banyak beroperasi di wilayah Jakarta Utara.

Komentar (1)

Fresh