PERCERAIAN PEMIMPIN NEGARA | OPINI.id

Presiden atau pemimpin itu juga manusia, tak ada manusia yang sempurna. Mereka punya hak-hak dasar layaknya rakyat biasa. Perselisihan dalam rumah tangga pun bisa terjadi pada mereka. Perceraian mereka seharusnya ditanggapi biasa-biasa saja. Inilah kisah singkat perceraian pemimpin negara. http://www.businessinsider.com

Hans Göran Persson

Pada Desember 2002, Hans Göran Persson seorang PM Swedia, menggugat cerai istrinya Annika. Perceraian disahkan pengadilan pada April 2003. Alasan perceraian mereka tidak diketahui. Mereka sudah menikah selama 8 tahun tanpa dikaruniai anak.

Nicolas Sarkozy

Presiden Perancis, Nicolas Sarkozy, secara resmi bercerai dengan istrinya Cecilia pada Oktober 2007. Mereka bercerai atas kesepakatan bersama setelah menikah selama 11 tahun. Sejak tahun 2005 sebenarnya Sarkozy sudah tidak muncul di publik didampingi sang istri, ini ketika dia menjabat Menteri Dalam Negeri.

Silvio Berlusconi

Perdana Menteri Italia yang juga pengusaha media ini mengumumkan perceraian dengan istrinya Veronica pada Mei 2009. Alasannya adalah sudah tidak ada kesetiaan di antara mereka. Silvio Berlusconi memang terkenal sering 'dekat' dengan wanita lain. Pada saat itu, dia diketahui sangat dekat dengan Naomi Letizia, model usia 18 tahun. Butuh 3 tahun kasus perceraian ini selesai.

Alvaro Colom

Alvaro adalah presiden Guatemala periode 2008 - 2012. Pada Maret 2011, perceraian dengan isterinya Sandra diumumkan. Setelah bercerai, sang istri ternyata punya ambisi untuk mengejar kursi Presiden, peraturan Guatemala melarang anggota keluarga presiden untuk mengejar kursi Presiden. Sampai perceraian diputuskan, pihak pengadilan masih tidak memberikan ijin sang mantan istri untuk mencalonkan diri menjadi Presiden.

Alan García

Pada Mei 2011, Presiden Peru -Alan Garcia- mengonfirmasi kepada publik bahwa dia sudah bercerai dengan istrinya dua tahun sebelumnya. Alan Garcia menjabat sebagai Presiden Peru pada periode 2006 - 2011. Alan berhasil merahasiakan perceraiannya kemudian mengumumkannya pada saat menjelang masa jabatannya berakhir. Belakangan, Alan Garcia mengakui dia memiliki anak di luar pernikahannya dengan Pilar Nores pada saat itu.

Fredrik Reinfeldt

Lagi, PM Swedia bercerai pada saat menjabat. Fredrik Reinfeldt menjabat sebagai Perdana Menteri Swedia pada periode 2006 - 2014. Sang Perdana Menteri bercerai pada tahun 2012 setelah menikah dengan Filippa selama 20 tahun. Pasangan itu menikah pada tahun 1992 dikaruniai tiga anak.

Vladimir Putin

Setelah menikah hampir selama 30 tahun, Vladimir Putin bercerai dengan istrinya Lyudmila Shkrebneva. Mereka dikaruniai dua anak perempuan. Pada Juni 2013, Putin mengumumkan tentang perceraiannya. Kemudian Kremlin mengumumkan kasus perceraian keduanya selesai pada April 2014.

Komentar

Fresh