Orangtua suruh anak merokok di Desa ini | OPINI.id

Ada suatu desa di negara Portugal yang menyuruh anaknya buat merokok. Di sana anak berusia lebih dari 5 tahun dianjurkan merokok.

Vale de Salgueiro

Vale de Salgueiro adalah nama sebuah daerah atau desa di negara Portugal. Desa ini terkenal dengan atraksi wisata dan pemandangan yang lumayan bagus. Desa ini berada di daerah utara Portugal, sekitar 165 km dari arah Kota Porto atau 450 km perjalanan darat dari Lisbon Ibukota Portugal. Jauh yah.. sejauh Jakarta-Semarang.

Selebrasi King Feast

Anak usia 5 tahun ini cuma merokok pada acara selebrasi King Feast yang cuma diselenggarakan dua hari selama setahun. Selebrasi ini diselenggarakan pada 5 - 6 Januari 2018, sekali dalam setahun. Selebrasi ini sudah dilaksanakan sejak daerah itu memeluk paganisme. Mereka menari mengelilingi api unggun, bermain musik dan menikmati anggur dan makanan ringan yang didistribusikan oleh "raja" terpilih. Maksud tradisi ini belum jelas, Jose Rebeirinha -penulis buku the Vale do Salgueiro festivies- bilang bahwa ada kemungkinan festival ini untuk merayakan kelahitan manusia dan alam semesta.

Usia Legal

Portugal melarang rokok dikonsumsi oleh anak usia 18 tahun ke bawah, namun tidak ada satupun otoritas atau pejabat yang melarang anak untuk merokok pada selebrasi ini. Salah seorang Ibu dari warga lokal berpendapat bahwa memberikan rokok pada anak cuma dua hari dalam setahun tidak membahayakan, karena anak-anak itu tidak benar-benar merokok, mereka dengan cepat mengisap kemudian menghembuskan kembali asap rokok. Dia juga beranggapan ini tidak akan mengakibatkan kecanduan.

Komentar

Fresh