Tips Memilih Sekuritas yang Terbaik | OPINI.id

Kesadaran masyarakat untuk terjun dan menikmati investasi saham ternyata berbanding lurus dengan kemudahan membuka rekening saham di sekuritas (broker). Lebih dari itu, investasi saham nyatanya memerlukan komunikasi yang intensif dengan broker (sekuritas) dalam banyak hal. Oleh sebab itu, ada beberapa poin plus yang perlu dipertimbangkan dalam memilih broker (sekuritas) untuk investasi sahammu yang aman dan terpercaya:

1. Tercatat Sebagai Anggota Bursa

Sekuritas yang aman dan terpercaya memiliki sertifikat perantara pedagang efek dan tercatat oleh Bursa Efek Indonesia sebagai anggota bursa. Anda dapat melihat daftar lengkap anggota bursa di website resmi BEI.

2. Jaminan Keamanan

Kebijakan pemisahan antara dana milik nasabah di Rekening Dana Nasabah/Rekening Dana Investor) dan milik sekuritas oleh pemerintah menjadi kunci kepercayaan masyarakat. Saham yang dimiliki investor pun aman karena disimpan oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), bukan di sekuritas. Oleh sebab itu, pilihlah sekuritas yang berkomitmen dengan hal ini.

3. Rekomendasi Saham

Sekuritas yang baik memiliki tim yang memberikan informasi dan rekomendasi saham harian yang terpercaya. Informasi ini berguna bagi para investor saham yang tidak sempat melakukan analisis saham sendiri. Informasi yang disampaikannya pun harus berupa rekomendasi saham yang bertanggungjawab alias tidak sekadar rumor. Selain itu, informasi tentang risiko pun harus dikomunikasikan secara terbuka dengan nasabah.

4. Fasilitas Transaksi Andal

Dunia telah berubah. Transaksi saham pun tidak perlu dengan menelepon kantor broker lagi. Investais saham mulai pendaftaran hingga transaksi sudah bisa dilakukan secara online. Oleh sebab itu, pastikan broker yang Anda pilih memiliki fasilitas software online trading yang bagus dan mudah digunakan dengan fitur dan tools analisis yang komprehensif.

5. Pelatihan Gratis

Pelatihan gratis dalam investasi saham pada investor pemula yang diselenggarakan oleh sekuritas menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor saham. Oleh sebab itu, pilih lah sekuritas yang memberikan pelatihan gratis pada para investor pemula agar sukses dalam investasinya.

6. Pilihan Tepat

Investasi saham yang aman, terpercaya, transparan dan komunikatif ditawarkan banyak oleh sekuritas di Indonesia, seperti PT. Indo Premier Sekuritas yang memiliki platform modernnya yang diberinama IPOTSTOCK. Platform ini menawarkan fitur dan tools analisis andal ditambah dengan distribusi berita dan informasi riset secara berkala yang komprehensif yang tentunya akan memudahkan investor mendulang cuan saham. Tak hanya platform onlinenya yang andal, IndoPremier yang terdaftar dan diawasi oleh OJK ini mendidik nasabahnya melalui pelatihan gratis. Kelas pelatihan dilaksanakan di kantor pusat dan kantor cabang Indopremier.

Komentar

Fresh