EQUAL PAY DI ISLANDIA | OPINI.id

Islandia menjadi negara pertama di dunia yang memberlakukan sistem gaji tanpa memandang gender

Hadiah tahun baru

Sebuah Undang-Undang (Peraturan) yang efektif akan dilaksanakan pada hari pertama di tahun 2018 (Senin, 1 Januari 2018), menjadikan Islandia sebagai satu-satunya negara di Bumi yang melegalkan kesetaraan gaji/honor antara laki-laki dan perempuan.

Sertifikasi

Melalui undang-undang baru ini, Perusahaan dan agen pemerintahan yang sedikitnya mempekerjakan 25 karyawan harus mendapatkan semacam sertifikasi tentang 'equal-pay policies' yang dikeluarkan pemerintah. Yang tidak memperoleh sertifikasi akan siap-siap dikenakan denda.

Islandia, Worlds's most gender-equal country

Selama sembilan tahun berturut-turut, Islandia selalu berada di posisi atas dalam The Global Gender Gap Report yang diterbitkan oleh World Economic Forum (WEF). Sejak 2006, total gender gap Islandia tidak keluar kisaran 10 persen.

Hampir 50 persen anggota parlemennya wanita

Tidak mengherankan jika Islandia mengeluarkan peraturan ini, karena hampir 50 persen anggota parlemennya adalah perempuan. :) “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.” (QS.ar-Ra’d:11)

Indonesia?

Lalu dimana posisi negara tercinta ini? Indonesia berada di urutan 84 dari 144 negara yang diriset, atau posisi 10 dari 16 negara pada level asia pasifik.

Komentar

Fresh