Bukti matahari gak ada di Tambora | OPINI.id

Wilayah Jakarta Tambora jadi titik terpadat di Ibukota. Pemrov DKI mensinyalir ada 250.000 kepala di kawasan selua 5,48 km persegi ini.

Matahari tak pernah terbit di Tambora

Tamboran dipisahkan oleh tembok kompleks apartemen dan mal Season City yang berdiri setinggi lima lantai yang dikangkangi apartemen kelas menengah. Season City adalah bangunan khas perencanaan urban ala Jakarta-bangunan vertikal,lingkungan mandiri yang dibangun untuk tujuan komersil—maka Tambora adalah antitesisnya.

Kegelapan yang penuh sengketa

Tambora muncul begitu saja. Perlahan menjamur di sudut Jakarta yang kepemilikannya seringkali penuh sengketa. Bisa dibilang, di sinilah tempat migran tak terampil dari berbagai daerah miskin di luar Jakarta.

Tambora gak ada di tata kota Jakbar

Gang Venus adalah bukti betapa sesaknya pemukiman di Tambora. Sesak pun terasa, mengingat setiap 1 rumah semi permanen di sini dihuni 3-5 keluarga.

Pusatnya kebakaran

Kabel bertebaran dan carut marut, ditambah jeleknya kontruksi bangunan. Menjadikan Tambora pusat kebakaran. Dalam sembilan bulan saja, sudah terjadi 9 kali kebakaran sedang dan kecil di Tambora.

Tambora lebih buruk dari Kowloon?

Gang Venus—gang yang melegenda lantaran tak tertembus sinar matahari. Bisa dibilang, di sini ada banyak wc umum, mengingat minimnya toilet pribadi. Tapi yang paling parah, di sini kamu tidak bisa merasakan hangatnya sinar matahari.

Komentar (1)

Fresh