Beda negara, beda cara menikmati kopi | OPINI.id

Menurut cerita, Kopi berasal dari orang-orang Oromo di daerah Kaffa, Ethiopia. Mereka sudah mulai percaya jika kopi memiliki efek mampu meningkatkan stamina. Kemudian melalui orang Arab timur tengah, kopi perlahan menyebar ke penjuru dunia. Konon loh... Setelah itu setiap daerah punya kekhasan mengolah atau mencampur kopi menjadi minuman.

Ala Turki

Ground coffee, air dingin, dan gula (optional) dicampurkan dalam teko ala Turki (cevze). Lalu dipanaskan sampai mendidih, setelah mendidih diamkan sampai kira-kira kopi mengendap. Tuangkan kopi hangat langsung ke cangkir kecil. Konon, kopi turki lebih sedap dipanaskan menggunakan media arang membara atau pasir panas. Orang Turki biasanya meminum kopi ditemani camilan manis dan tentunya teman yang manis.

Barraquito

Barraquito adalah jenis minuman kopi yang berasal dari Canary Island. Kopi ini memiliki lapisan unik yaitu lapisan kopi, susu panas, susu kental manis, kayu manis, ekstrak kulit lemon, dan Tia Mario Liquor. Yang pasti susah amat nih minumnya, diaduk atau tidak diaduk (kok mirip cara makan bubur nasi/ayam). Barraquito mempunyai rasa amat manis, sangat manis karena ada banyak susu kental manis di dalamnya. Semanis kopi manis ala Indonesia.

Milchkaffee

Orang Perancis bilang a cafe au lait, orang Jerman bilang milchkaffee. Orang Indonesia bilang kopsus alias kopi susu. Cuma bedanya a cafe au lait atau milchkaffee ini menggunakan frothed milk. Frothed Milk adalah susu yang sudah dipanaskan kemudian di-shake (kocok/guncang). Tul!! Susu yang sudah diguncang. Milchkaffe bersisi 50persen kopi dan 50persen Frothed milk. Enjoy.

Bicerin

Bicerin adalah kopi ala Italia Utara, daerah Turin. Kota asal klub sepakbola Torino dan Juventus. Pada dasarnya Bicerin ini adalah kopi dengan campuran susu coklat, espresso, cream, sedikit gula dan bubuk coklat pahit. Orang Indonesia menyebutnya Kopi Mokka. ahaay

Flat White

Flat White berasal dari Australia atau Selandia Baru. Pada dasarnya, flat white campuran dari susu dan kopi. Flat white sedikit mirip cappucino atau latte, cuma flat white dibuat dari susu yang sudah dikukus (sehingga muncul busa kecil) dan kemudian dicampur dengan double espresso.

Cuban Colada

Namanya saja sudah Cuban, kopi ini berasal dari Kuba. Kopi di Kuba merupakan salah satu komoditi penting seperti halya tembakau dan rum. Cara membuatnya mudah, espresso dicampur gula kemudian dipanaskan dalam teko/panci besar. Satu teko/panci bisa dibagikan ke banyak cangkir. www.brit.co

Komentar

Fresh