Cuci Tangan Dulu Sebelum Hubungan Seks | OPINI.id

Mungkin banyak orang akan tertawa jika mendengar nasehat, “Cuci tangan dulu sebelum seks”. Tapi bayangkan jika tangan yang kotor itu menyentuh organ intim yang memang dasarnya sensitif terhadap bakteri dan infeksi.

Ada 5 Ribu Bakteri di Tangan

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Colorado ada kurang lebih 5 ribu bakteri di tangan seseorang setiap waktu. Pasalnya, tangan merupakan salah satu rumah ternyaman bagi bakteri, kuman, dan tak menutup kemungkinan juga virus yang menyebabkan penyakit menular. Oleh karena itu, sentuhan tangan, baik secara langsung dengan kulit orang lain maupun memegang benda, dapat menjadi sarana penyebaran bakteri.

Cegah Penyebaran Penyakit

Salah satu cara penularan penyakit yang paling mudah adalah lewat sentuhan. Tidak cuci tangan sebelum berhubungan seks adalah salah satu cara penyebaran penyakit menular yang seringnya tidak disadari. Dilansir dari Women’s Health, Vanessa Cullins, seorang spesialis kebidanan dan kandungan, menyatakan bahwa menyentuh bagian intim pasangan atau bagian intim sendiri dengan tangan yang tidak bersih bisa meningkatkan risiko infeksi di area genital. Jadi jangan malas untuk cuci tangan sebelum seks, tapi ingat juga untuk cuci tangan sesudah berhubungan seks ya!

Cegah Infeksi Vagina

Ronald D. Blatt seorang ginekolog di Manhattan Center for Gynecology dan Manhattan Center for Vaginal Surgery mengatakan bahwa kuku yang tidak bersih bisa menyebabkan terjadinya infeksi vagina yang disebabkan bakteri Staphylococcus aureus. Staphylococcus aureus adalah jenis bakteri yang paling umum ditemukan pada kulit, rambut, serta di dalam hidung dan tenggorokan manusia. Bahkan, 25 persen area tubuh orang yang sehat dan bugar sekalipun dipenuhi oleh bakteri ini. Infeksi bakteri lainnya yang mungkin menyerang area genital termasuk trikomoniasis, klamidia, gonore, sipilis, hingga mononeukleosis.

Cara Cuci Tangan Yang Benar

1. Basuh tangan dengan air, boleh memakai air hangat atau dingin. 2. Tuang sabun ke telapak tangan. Tidak perlu menggunakan sabun khusus. Sabun biasa dan sabun antibakteri sama saja manfaatnya. 3. Gosok kedua telapak tangan hingga berbusa. Pastikan seluruh bagian tangan terkena sabun, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Lakukan setidaknya selama 20 detik. 4. Bilas tangan hingga bersih dari sisa sabun dan kotoran, kemudian keringkan menggunakan tisu atau handuk bersih. 5. Tutup keran menggunakan tisu toilet atau handuk agar kuman tidak menempel pada tangan yang sudah bersih.

Cuci Dengan Hand Sanitizer

Jika sulit menemukan air dan sabun, atau kamu dan pasangan terlalu malas untuk bangun dari tempat tidur. Kamu berdua bisa membersihkan tangan dengan cairan pencuci tangan atau hand sanitizer yang mengandung kadar alkohol setidaknya 60 persen.

Komentar

Fresh