Kritikus Film VS Penonton | OPINI.id

Di jaman sekarang banyak orang yang mengandalkan review kritkus film dalam menentukan film yang akan dia tonton. Rotten Tomatoes adalah website referensi yang paling banyak digunakan.

Tapi belakangan banyak yang mempertanyakan keakuratan kritikus film, karena adanya perbedaan pendapat yang sangat tajam antara kritikus dan penonton.

Ini contohnya.

STAR WARS EPISODE VIII

Yang terbaru adalah Star Wars 8, kritikus memberikan penilaian 91, dimana rata-rata penonton hanya memberikan nilai 51.

JUSTICE LEAGUE

Kebalikan terjadi di film Justice League, ketika penonton memberikan nilai 78, para kritikus membenci film ini dan memberikan nilai 41.

SPY KIDS

Film lawas Spy Kids sangat disukai kritikus, kritikus memberi nilai 93, tapi penonton hanya memberi nilai 46.

BRIGHT

Salah satu perbedaan nilai paling mencolok adalah film Bright, kritikus hanya memberi nilai 27 pada film ini, tetapi penonton sangat menyukai film ini dan memberikan nilai 89.

Kenapa Berbeda ?

Penjelasan yang paling mudah adalah penonton menonton film hanya ingin terhibur, sedangkan kritikus melihat film dari berbagai sudut pandang, sinematografi, alur cerita, akting, musik,dll.

Jadi Masih Perlu Melihat Nilai Kritikus Film ?

Sebagai referensi saja mungkin iya, tetapi jangan lupakan penilaian dari penonton. Karena bagaimanapun sebagian besar dari kita adalah penonton, bukan kritikus film. Bahkan bisa dibilang, bahwa bagi kita, nilai dari penonton lah yang paling penting untuk kita lihat, bukan nilai dari kritikus film.

Komentar

Fresh