Gigi sehat, hindari 5 makanan ini | OPINI.id

Siapa yang tidak ingin gigi sehat? semua orang pastinya ingin giginya sehat. Ada banyak pilihan supaya mendapatkan gigi sehat, sikat gigi yang teratur, bikin gigi glowing ke dokter gigi, atau jaga makanan. Ini lima makanan yang bisa buat gigi menjadi tidak sehat.

Teh dan Kopi (minuman bertanin)

Tanin dalam kopi atau teh bisa meluruhkan enamel dan membuat gigi berwarna coklat. Kalaupun tidak bisa berhenti ngopi dan ngeteh, coba kurangi konsumsinya atau minum saja green tea yang relatif aman buat gigi.

Buah-buahan mengandung asam tinggi

Jeruk, Lemon atau bahkan Jeruk Bali memiliki banyak kandungan asam citric. Dimana asam ini bisa membuat erosi pada enamel dan kerusakan gigi. Sama halnya dengan kopi, jika memang sulit menghindari makanan ini jangan konsumsi banyak-banyak.

Soda

Soda biasanya mengandung kombinasi gula, asam dan karbonasi dimana memberikan efek tidak bagus bagi gigi.

Wine (Minuman beralkohol)

Konon meminum segelas anggur dalam sehari bagus bagi jantung dan kadar kolesterol, namun minuman ini bisa membuat gigi bernoda. Asam di anggur merah sama halnya pada anggur putih bisa dengan cepat merusak permukaan gigi.

Permen manis

Hampir semua permen berasa manis, permen memiliki kandungan gula yang teramat banyak. Gula bisa mengakibatkan lubang di gigi yang kemudian manjadi tempat berkumpul makanan dan tempat berkembang biak bakteri. Jadi jauh-jauh dari gula.

Komentar

Fresh