Cara Merawat Gigi Berbehel | OPINI.id

Behel atau kawat gigi, merupakan bagian dari ilmu kedokteran untuk merapikan gigi yang tumbuh tidak teratur. Tapi saat ini pemasangan behel dilakukan karena ingin mengikuti trend atau sekedar untuk bergaya serta mempercantik penampilan. Padahal penggunaan behel atau kawat gigi ini perlu mendapatkan perhatian dan perawatan khusus.

1. Bagi Pengguna Baru

Biasanya orang yang baru menggunakan kawat gigi akan merasakan sakit selama berhari-hari pada area giginya. Hal ini dikarenakan gigi belum dapat langsung beradaptasi dengan behel yang digunakan. Untuk menghilangkan rasa nyeri kamu bisa berkumur dengan menggunakan campuran 1 gelas air yang sudah ditambahi 2 sendok (sendok teh) garam.

2. Gunakkan Sikat Gigi Khusus.

Sikat gigi khusus sangat direkomendasikan buat kamu yang menggunakan behel/kawat gigi. Gunakanlah sikat gigi yang bebrbulu halus dan lembut karena lebih efektif membersihkan gigi berbehel.

3. Hindari Mengunyah Permen Karet

Ada baiknya orang yang menggunakan kawat gigi tidak untuk mengkonsumsi permen karet lagi, hal ini dikarenakan permen karet memiliki tekstur yang lembut dan lengket yang akan melekat pada gigi kawat.

4. Hindari Makanan Bertekstur Keras

Makanan yang bertekstur keras bisa sangat berpengaruh pada kawat gigi karena membuat gigi akan terasa nyeri saat mengunyah bahkan bisa membuat behel terlepas. Sebaiknya makanan yang bertekstur keras dipotong kecil-kecil dahulu sebelum dikonsumsi.

5. Hindari Minuman Bersoda

Minuman bersoda mungkin tidak berapa pengaruh bagi orang yang tidak menggunakan behel. Namun beda halnya bagi orang yang menggunakan behel karena minuman bersoda dapat menimbulkan karang gigi atau plak diarea kawat gigi.

6. Hindari Mengkonsumsi Caramel

Caramel adalah olahan yang terbuat dari gula yang bersifat lengket dan memiliki rasa yang manis. Sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi caramel bagi pengguna kawat gigi karena caramel yang kita makan akan melekat pada kawat gigi dan sangat sulit untuk dibersihkan. Hal ini akan membuat gigi lebih cepat berlubang karena karamel melakukan kontak langsung dengan gigi dalam waktu berjam-jam apabila tidak dibersihkan secepatnya.

Komentar

Fresh