Heboh bitcoin | OPINI.id

Ada yang tau, ada juga yang gak tau dan gak mau tau. Oke, buat semuanya, bitcoin lagi jadi perbincangan nih.

Ini adalah mata uang digital yang nilainya sih ditaksir besar banget. Yuk, cari tau tentang bitcoin.

Apa itu bitcoin?

Bitcoin adalah mata uang dalam bentuk elektronik. Sehingga tidak ada bentuk fisiknya sama sekali. Tidak ada koin bitcoin seperti mata uang konvensional. Bitcoin, sama seperti mata uang digital lainnya, disimpan di internet. Bitcoin tidak diregulasi sampai saat ini baik oleh pemerintah maupun pihak bank. Dan penggunanya bisa melakukan transaksi secara anonim.

Unik gak sih bitcoin?

Bitcoin sebenarnya bukan sesuatu yang unik. Menurut data CoinMarketCap, ada sekitar 1.324 mata uang digital yang ada saat ini dengan total kapitalisasi pasar USD 341 miliar, hampir sama dengan nilai perusahaan Johnson & Johnson. Tapi memang bitcoin adalah mata uang digital pertama dan yang terbesar.

Cara dapetin bitcoin

Beberapa marketplace yang disebut sebagai bitcoin exchange memungkinkan orang membeli atau menjual bitcoin. Orang juga bisa mengirimkan bitcoin satu sama lain dengan aplikasi mobile ataupun melalui komputer. Kurang lebih sama dengan mengirim uang secara digital. Atau bisa juga dengan menambang sendiri menggunakan komputer untuk memecahkan puzzle matematika kompleks. Jaringan bitcoin memberi imbalan bagi penambang dengan memberikan bitcoin bagi mereka yang berkontribusi memberi daya komputasi yang dibutuhkan. Maka, kian besar daya komputasi disumbangkan, semakin besar juga bagian imbalan diperoleh.

Dimana tempat menyimpan bitcoin?

Bitcoin dapat disimpan di semacam dompet digital yang eksis di cloud maupun komputer user. Dompet itu adalah semacam akun bank virtual yang memungkinkan user menerima atau mengirim bitcoin, membayar transaksi atau menabung bitcoin. User perlu berhati hati karena bitcoin di cloud terancam hacker dan di komputer bisa tak sengaja terhapus atau dirusak virus.

Satoshi Nakamoto adalah pencipta bitcoin?

Rumornya sih, dia adalah pria pencetus dan pencipta uang digital (bitcoin) di tahun 2009. Identitasnya sangat misterius. Meski banyak yang kepoin, tapi sampai sekarang masih belum terungkap siapa orang dibalik bitcoin.

Komentar

Fresh