13 tahun pasca tsunami Aceh | OPINI.id

Gempa berkekuatan 9,2 skala richter disusul tsunami merenggut 250 ribu nyawa serta meluluhlantakan Aceh 13 tahun lalu.

Aceh dan Tsunami

26 Desember 2004 lalu, Aceh yang dikenal dengan sebutan Serambi Mekkah diguncang gempa dahsyat. Gempa itu berkekuatan 9,2 skala richter. Kengerian tidak berhenti sampai disitu. Usai gempa munculah tsunami. Akibat tsunami, hampir 250 ribu lebih orang meninggal dunia dan ratusan ribu kehilangan tempat tinggal. Peristiwa yang menghancurlantakan sepertiga wilayah Aceh kini genap sudah berjalan 13 tahun lamanya. Untuk memperingatinya, Pemerintah Provinsi Aceh sudah membuat beberapa acara, salah satunya adalah pameran foto di museum tsunami Pameran yang digelar sejak tanggal 20-26 Desember 2017 ini dianggap sebagai cermin yang akan memantulkan kembali secuil perjalanan Aceh dari masa lalu ke masa kini dengan harapan sebagai tangga yang kuat untuk mendaki masa depan yang penuh harapan.

Potret Aceh dulu dan sekarang pasca tsunami

Judul lagu "Indonesia menangis" yang dibawakan oleh Sherina memiliki lirik yang sangat menyayat hati rakyat Aceh, setelah kotanya dilanda Tsunami. Gak hanya itu saja, demi memperingati 13 tahun tsunami Aceh, banyak netizen yang mengumpulkan foto perbandingan Aceh saat tsunami dan setelahnya.

Ini adalah salah satu potret perbandingan Aceh saat tsunami dan setelahnya. Terlihat Aceh mengalami perubahan menuju yang lebih baik.

Foto ini menceritakan perjuangan rakyat Aceh saat dilanda tsunami.

Beginilah potret Aceh saat dilanda Tsunami 13 tahun lalu.

Potret saat petugas kepolisian mengevakuasi jenazah korban tsunami Aceh 13 tahun lalu.

Masjid yang bertahan saat dilanda tsunami Aceh 13 tahun lalu.

Dan seperti inilah bentuk masjid setelah tsunami Aceh 13 tahun lalu. Terlihat tampak semakin indah.

Komentar

Fresh