Duka kepergian Jonghyun SHINee | OPINI.id

Kematian Jonghyun SHINee menjadi pukulan berat bagi jagat hiburan K-Pop.

Depresi membunuh Jonghyun SHINee

Tidak ada yang menduga, vokalis bersuara emas ini memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Jonghyun ditemukan tergeletak tidak berdaya di sebuah apartemen di Cheongdam, Seoul, Korea Selatan, pada Senin (18/12/2017) sekitar pukul 18:30 waktu setempat. Pria kelahiran 8 April 1990 ini meninggal di usia 27 tahun. Seperti diketahui, pihak kepolisian menganggap jika kematian personel SHINee ini murni karena bunuh diri. Menurut beberapa sumber berita, semalam sebelum kepergiannya, Jonghyun SHINee sempat tertangkap kamera sedang merenung di balkon apartemen tersebut. Dengan mengenakan topi, Jonghyun menyandarkan tangannya di teralis balkon. Jonghyun SHINee meninggal dunia setelah menghirup karbon monoksida yang keluar dari briket batu bara yang dibakar olehnya di atas teflon. Pelantun "Deja-Boo" itu ditemukan tak berdaya dengan briket yang masih menyala.

Surat wasiat Jonghyun 'SHINee'

Sebelum ditemukan meninggal dunia, personel Jonghyun SHINee diketahui sempat menitipkan sebuah surat perpisahan kepada vokalis Dear Cloud, Nine9. Nine9 mengungkapkan Jonghyun memintanya mengunggah surat tersebut usai anggota SHINee itu tiada. Nine9 menyebut Jonghyun pernah bercerita tentang pikiran-pikirannya yang dalam, termasuk keinginan bunuh diri. Nine9 mengaku sudah memberitahu keluarga Jonghyun agar memberikan semangat kepada pria 27 tahun itu. Surat terakhir kali dari Jonghyun itu berisikan ungkapan penderitaan yang teramat dalam. Jonghyun mengakui bahwa ia mengalami depresi dan berusaha keras untuk sembuh. Jonghyun pun menyebut pernah membahas masalahnya ini dengan sejumlah pihak yang ia kenal. Namun ia merasa tak kunjung menemukan jawaban untuk mengatasi masalahnya tersebut. "Saya ingin seseorang sadar, tapi nyatanya tidak ada satu pun yang peduli," tulis Jonghyun. Meski begitu, di bagian lain suratnya, Jonghyun SHINee juga mengakui bahwa banyak yang memberikan semangat kepadanya untuk kembali bangkit dari keterpurukan.

Kronologi kematian Jonghyun SHINee.

Tangisan SNSD untuk Jonghyun SHINee

Tepat hari kamis (21/12) pagi waktu setempat, prosesi pemakaman vokali SHINee dimulai. Sejumlah selebriti ikut hadir dalam prosesi ini. Termasuk para personel SNSD terpukul. Isak tangis menyelimuti wajah mereka, terutama Taeyeon SNSD. Vokalis utama SNSD ini begitu akrab dengan Jonghyun SHINee sepanjang hidupnya. Mereka kerap berkolaborasi musik dan merilis lagu duet seperti Lonely. Melihat Taeyeon SNSD menangis, personel lain berusaha menguatkan. Yoona dan Sooyoung berdiri di sebelah Taeyeon sambil mengenggam tangannya. Mereka pun ikut menangis. Selain mereka, ada juga Yuri, Seohyun, dan Hyoyeon yang berdiri di bagian belakang. Prosesi pengantaran jenazah Jonghyun SHINee turut dihadiri oleh selebriti lain. Contohnya SHINee dan Super Junior yang memegang peti jenazah.

Jonghyun donasikan organ tubuhnya?

Dalam surat wasiat yang diberikan kepada kakak perempuannya, Jonghyun akan mendonasikan sebagian organ tubuhnya. Bagian tubuh yang akan didonasikan olehnya yaitu Kornea mata, jantung, ginjal, tulang dan lainnya. Jonghyun mengungkapkan bahwa ia tak ingin kepergiannya menjadi sia-sia dan menimbulkan kesedihan bagi semua orang. Rest In Peace Kim Jonghyun (Jonghyun SHINee).

Komentar

Fresh