Serbuan e-KTP Palsu | OPINI.id

Paket dari Kamboja berisi e-KTP diamankan pihak Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta

Indonesia Diserbu e-KTP Palsu dari Kamboja

Jelang Pilkada DKI 2017, pihak Bea Cukai Mengamankan paket dari Kamboja berisikan e-KTP dan dokumen lainnya di Bandara Soekarno Hatta. Hal ini terungkap setelah komisi II DPR melakukan sidak guna mengkonfirmasi beredarnya terkait masuknya e-KTP Palsu. e-KTP ini dikirim lewat jasa pengiriman Fedex.

Menurut Humas Ditjen Bea Cukai,David, paket ini ditujukan untuk seseorang bernama Leo. Pihak Bea Cukai belum konfirmasi apakah e-KTP itu palsu atau tidak karena kewenangan untuk menilai palsu dan tidak ada di Dukcapil Kementerian Dalam Negeri.

e-KTP Palsu Asal Kamboja Tak Bisa Digunakan di Pilkada

Paket yang berisi KTP Elektronik berhasil diamankan Bea Cuka di Bandara Soekarno-Hatta. Tetapi, bisa dipastikan jika paket KTP palsu itu tidak bisa digunakan untuk Pilkada.

"KTP palsu ini tidak bisa digunakan untuk memilih di TPS. Sistem pengawasan di TPS juga berlapis yaitu ada saksi, pengawas dan masyarakat di TPS yang saling kenal," ucap Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof Zudan Arif Fakrulloh dalam keterangan tertulis, Kamis (9/2).

Cara Cerdas Atasi Maraknya e-KTP Palsu Jelang Pilkada DKI

Pilkada serentak akan dilakukan pada tanggal 15 Februari 2017. Akan tetapi, atmosfir paling terasa dan diprediksikan akan sedikit terjadi keributan adalah di Pilkada DKI. Oleh karena itu, guna mengatasi maraknya e-KTP palsu ada beberapa tahapan yang akan digunakan.

Menurut Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof Zudan Arif Fakrulloh. Penggunaan e-KTP atau surat keterangan pengganti e-KTP yang digunakan bagi mereka yang tak terdaftar di DPT. Itu pun cuma bisa dipakai buat mencoblos pada satu jam terakhir pukul 12.00-13.00 WIB.

Kedua, cara mengecek e-KTP yang diindikasikan palsu,e-KTP akan dikirim petugas TPS Via WA ke Dukcapil. Lalu Dukcapil cek ke database dan hasilnya langsung dikirim kembali kepada petugas di TPS.

"Pilkada akan lebih berkualitas dan pemalsuan KTP elektronik bisa distop bila KPU mau menggunakan card reader yang saat ini sudah banyak dijual," kata Zudan.

quote-mark

wowwwwww

quote-mark

gua bikin e-KTP aja susah bgd

Komentar (3)

Fresh