Tips Food Blogger untuk Para Pemula | OPINI.id

Sudah menjadi sebuah kebiasaan masa kini, sebelum makan, difoto dulu makanannya, lalu upload deh di sosial media hehe. Begitukah kebiasaan kamu? Kalau iya, berarti kamu memiliki peluang untuk menjadi food blogger lho! Lalu, gimana sih caranya untuk menjadi seorang food blogger? Apakah semua orang bisa? Tentu saja! Bagi kamu yang mau merintis menjadi food blogger, berikut tips untuk para food blogger pemula, simak ya.

Harus punya ‘passion’

Jelas, ‘passion’ menjadi dasar paling penting untuk melakukan sesuatu apalagi mau menjadikannya sebuah profesi atau karir. Unsur paling penting yang harus dimiliki seorang food blogger adalah niat atau passion. Seorang food bloger haruslah punya niat, passion serta rasa cinta pada dunia kuliner. Tujuan menjadi seorang food blogger haruslah berkesan lebih bermakna dari cuma icip-icip di tempat makan semata.

Memiliki skill menulis dan memotret

Menulis dan memotret menjadi skill dasar penting yang harus dimiliki oleh food blogger. Tulisan dan gambar memang menjadi daya tarik dari sebuah ulasan kuliner. Kalau seorang food blogger tidak bisa menguasai salah satu dari keduanya maka biasanya mereka mengalami stuck. Namun, apakah artinya itu kamu harus memiliki kamera dan gadget yang canggih nan mahal? Nggak juga! Kamu bisa menggunakan Prime 7 #BREAKRESISTANT dari Polytron Smartphone. Smartphone ini memiliki 13MP rear camera yang mampu menangkap gambar dengan terang dan tajam, lengkap dengan Sensor ISOCELL yang menghasilkan komposisi warna dan kualitas gambar lebih tajam walaupun dalam kondisi cahaya minim. Prime 7 #BREAKRESISTANT memiliki kamera depan 8MP wide angle, serta lensa kamera berkualitas tinggi yang didesain untuk mengurangi efek flare. Lebih mudah dibawa kemana-mana juga, cocok untuk para food blogger.

Jujur saat memberikan ulasan

Kejujuran adalah hal yang seringkali membuat dilema para food blogger. Sebab, saat mengulas suatu kuliner biasanya mereka diharuskan memberikan rekomendasi atas makanan yang dicicipinya. Namun, seorang food blogger haruslah memilih jujur. Karena dengan kejujuran, reputasi baik seorang blogger akan tetap terjaga.

Sesuaikan budget

Dengan intensnya para food blogger ke berbagai tempat makan, maka mereka harus mampu mengatur keuangan agar tidak merugi atau bangkrut. Seorang food blogger harus punya strategi keuangan. Kamu bisa mengakali hal ini dengan cara datang ke resto beramai-ramai bersama food blogger lainnya agar dapat mencicipi lebih banyak kuliner. Atau, kamu juga bisa mengunjungi tempat-tempat makan yang terjangkau buat kantong kamu. Nggak mesti ketempat mahal kok.

Konsisten

Jika kamu sudah oke terkait empat hal tersebut, maka hal yang perlu kamu lakukan adalah konsisten. Caranya, kamu bisa buat dateline sendiri untuk waktu postingan kamu. Ingat, gaya bahasa menulis kamu juga harus konsisten dengan ciri khasmu sendiri ya. Dan yang paling penting, kamu juga harus konsisten menulis dan memotret makanan.

Komentar

Fresh