Tips Irit Belanja Online Kebutuhan Natal | OPINI.id

Natal tinggal menghitung hari. Hari-hari jelang Natal identik dengan musim belanja. Begitulah, di hari-hari menjelang Natal ada banyak kebutuhan yang harus harus dipenuhi dan disiapkan mulai beli tiket mudik, beli kado Natal hingga persiapan untuk acara bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Nah, supaya belanja kebutuhan Natalmu tidak menguras keuanganmu, ada baiknya perhatikan tips berhemat berikut ini:

1. Membuat List Kebutuhan

Pengeluaran berapa pun butuh perencanaan, apalagi di hari-hari istimewa jelang Natal. Langkah konkret untuk perencanaan anggaran ini yaitu dengan membuat list apa saja yang akan dibeli dan yang akan dilakukan jelang Natal, mulai beli tiket mudik, pakaian baru, kado hingga anggaran makan malam bersama keluarga dan orang-orang tercinta.

2. Realistis dengan Keuangan

Setelah membuat list kebutuhan yang harus dipenuhi, kini saatnya kamu menengok posisi keuanganmu. So, realistislah dengan kondisi keuanganmu untuk realisasi list yang telah dibuat. Agar tidak berlebihan, alokasikan uang yang dimiliki (termasuk juga THR) untuk kebutuhan-kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan. Kalau perlu, daftar list yang tidak perlu-perlu amat bisa dicoret.

3. Belanja Jauh-jauh Hari

Belanja jauh-jauh hari tidak akan membuat kamu kaget ketika dalam waktu singkat harus mengeluarkan banyak uang. Idealnya, sebulan atau hari-hari sekarang ini kamu sudah mulai menyicilnya seperti kado Natal. Kamu perlu tahu, semakin lama menahan diri untuk menyicil hingga mendekati Natal, biasanya permintaan barang meningkat. Bisa ditebak dengan mudah, harga barang melonjak tinggi dibanding hari-hari biasa, meski sudah ada iming-iming diskon. Perlu diketahui, diskon itu biasanya diberikan setelah harga dinaikkan.

4. Jeli Melihat Diskon

Jelang hari besar seperti Natal, biasanya banyak diskon yang ditawarkan. Kamu harus benar-benar jeli untuk melihat diskon tersebut. Pastikan, diskon yang ditawarkan benar-benar diskon, bukannya diskon boong-boongan karena telah dinaikkan terlebih dahulu. Nah, karena sekarang ini zamannya belanda online, tak ada salahnya membandingkan harga dari barang yang sama di toko online yang satu ke toko online lainnya.

5. Nikmati Banjir Diskon Harbolnas

Hajatan diskon besar-besaran bertajuk Hari Belanja Nasional (Harbolnas) 2017 berlangsung pada Selasa, 12 Desember 2017. Banjir diskon ditawarkan 250 pelaku industri e-commerce. Tidak tanggung-tanggung, di Harbolnas terbesar sepanjang sejarah ini, banyak e-commerce mengobral promo, diskon dan potongan hingga 95%. Meski Harbolnas resminya hanya berlangsung selama 1 hari, sejumlah e-commerce ternyata memperpanjang masa diskon, promo dan potongannya hingga beberapa hari ke depan. Manfaatkan masa ini untuk membeli barang kebutuhan Natal.

6. Manfaatkan Aplikasi IPOTPAY

IPOTPAY resmi menjalin kerjasama dengan Bukalapak, Tokopedia, JD.id, Zalora, Shopee, Dinomarket, Bhinneka, Berrybenka dan Hijup untuk pembayaran semua item belanja online kamu. Setelah menyelesaikan transaksi pembelian dengan memilih metode pembayaran Transfer ATM, pembeli tinggal menyelesaikan pembayaran real times dengan fitur Pembayaran e-Commerce di IPOTPAY. Di luar 9 e-Commerce tersebut, pengguna IPOTPAY tinggal menggunakan fitur Transfer di IPOTPAY yang real times, bebas biaya transfer, tanpa limit dan bisa transfer kapan saja melalui smartphonemu. Transfer beda bank dengan IPOTPAY benar-benar gratis, berbeda dengan bank yang menerapkan biaya transfer beda bank minimal Rp.6.500 per transaksi.

Komentar

Fresh