Senin banjir kepung Jakarta | OPINI.id

Hujan dengan intensitas deras turun merata di seluruh wilayah Jakarta, Senin siang, 11 Desember 2017. Akibatnya, sejumlah ruas jalan utama di Jakarta terendam banjir dengan ketinggian yang beragam. Banjir setinggi 30-40 cm terjadi di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

Ibukota sempat lumpuh dikepung banjir

Tidak lebay dan tidak berlebihan juga. Hujan awet yang mengguyur Ibukota di hari Senin (11/12) sempat membuat Jakarta lumpuh. Kabar titik macet di sekitar Jakarta ini langsung dari mata para netizen yang mengunggahnya di media sosial. Mereka berbagi kabar foto dan video, melalui cuitan yang sebagian ditujukan kepada akun Twitter Humas Polda Metro jaya, @TMCPoldaMetro, dan Badan Penanggulangan Bencana daerah Jakarta, @BPBJakarta. Sebelumnya, tiga pekan lalu, curah hujan sangat ekstrem 383 mm/hari sejak hari Senin (27/11) sebagai dampak dari siklon tropis Cempaka menyebabkan banjir dan tanah longsor di beberapa kawasan di jawa Timur. Hujan deras tiga pekan lalu itu diakibatkan siklon Cempaka, yang menewaskan setidaknya 19 orang di Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur.

Reaksi Sandiaga saat Jakarta banjir

Hujan deras melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta pada Senin (11/12) siang. Akibatnya di beberapa titik terjadi banjir salah satunya di kawasan Kuningan dan beberapa titik lainnya.  Nah, Wagub DKI Jakarta pun punya tanggapan atas terkepungnya Jakarta oleh air atau lebih akrab dikenal dengan banjir. Menurutnya banjir terjadi karena dipicu anomali cuaca. Climate change itu akan jadi sebuah fenomena yang akan mewarnai kita tahun-tahun ke depan dan kita enggak bisa memprediksi dengan menggunakan apa yang terjadi sebelumnya karena cuaca akan semakin ekstrem dan jaraknya akan semakin dekat," jelas Sandiaga, Senin (11/12). Sandiaga mengatakan banjir sebagai dampak anomali cuaca tak bisa dilawan karena merupakan kehendak alam. "Jangan bilang ini pasti surut atau banjir cuma segini. Enggak. Ini adalah fenomena alam. Allah lagi ngirimin hujan," jelasnya.

Menurut kamu sendiri, apa penyebab banjir yang terjadi sekarang?
Perubahan cuaca
Masih banyak selokan mampet
Banyak sampah
Ujian untuk Anies-Sandi
64 votes

Komentar

Fresh