Taman Nasional yang Indah dan Mempesona | OPINI.id

Taman Nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi (UU No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistemnya). taman nasional mempunyai fungsi paling lengkap yaitu perlindungan sistem penyangga kehidupan, pengawetan karagaman jenis tumbuhan, satwa dan ekosistemnya.

Back to Nature and Keep Our Environment!!!

Damai Saudaraku Suburlah Bumiku Kuingat Ibuku Dongengkan Cerita Kisah Tentang Jaya Nusantara Lama Tentram Kartaraharja Di Sana Salah satu bait dari lirik lagu Gombloh yang berjudul "Lestari Alamku" sangat cocok dalam tulisan ini. Kita dapat belajar dari alam sekitar, lingkungan dimana dapat mengajarkan kita tentang bagaimana cara hidup sederhana, bersikap adil dan saling menyayangi. Bagaimana tidak, saat ini kita dapat melihat berbagai kerusakan alam yang terjadi saat ini. Penyebab kerusakan alam saat ini lebih banyak terjadi akibat ulah manusia itu sendiri. mulai dari alihfungsi lahan menjadi perindustrian, perumahan hingga sistem pencocokan tanaman yang cenderung monokultur. Hal ini mengindikasikan bahwa kita masih belum mampu untuk menjaga lingkungan, terutama lingkungan yang berada dalam kawasan konservasi. Masih terdapat perburuan liar, penebangan bahkan pembakaran untuk dijadikan kawasan perkebunan. Oleh sebab itu, mari kita jaga lingkungan kita untuk hidup yang lebih baik. Karena bukan kita saja yang akan merasakan indahnya lingkungan ini, tapi anak dan cucu kita kedepan juga harus bisa merasakan seperti yang kita rasakan saat ini.

Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Taman Nasional Laut Teluk Cenderawasih (TNTC) terletak di wilayah dua kabupaten, yaitu Kabupaten Teluk Wondama dan Kabupaten Nabire. Dimana luas kawasan yang masuk dalam wilayah Kabupaten Teluk Wondama adalah sekitar 80 persen dari luas TNTC secara keseluruhan. Luas dari TNTC mencapai 1.453.500 Ha, yang menjadikan TNTC merupakan Taman Nasional Laut terluas di Indonesia. Secara geografis kawasan ini terletak antara 1° 43’- 3°22’ LS dan 134°06’ – 135°10’ BT. Keanekaragaman hayati di Taman Nasional ini sangatlah melimpah. Berbagai macam flora dan fauna dapat ditemukan disini. Pada flora, Anda dapat menemukan beberapa jenis bakau (Rhizophora sp., Avicennia sp., Bruguiera sp., Sonneratia sp., Ceriops sp.), nipah (Nypa fructican), sagu (Metroxylon sp.), pandan (Pandanus sp.), Cemara pantai (Casuarina equisetifolia), ketapang (Terminalia catapa), Xylocarpus granatum, dan lain-lain. Sedangkan pada fauna, Anda dapat menemukan berbagai jenis ikan karang seperti butterfly fish, angelfish, damselfish, parrotfish, rabbitfish, anemonefish, surgeanfish, triggerfish, dan beberapa jenis lainnya. TNTC juga memiliki berbagai jenis moluska yakni 196 jenis, reptil 5 jenis, mamalia air 3 jenis, burung (Aves) 37 jenis termasuk berbagai jenis burung Cenderawasih yang merupakan burung asli dari kawasan ini. Keanekaragaman hayati yang terdapat dikawasan ini, sudah selayaknya bagi kita untuk terus menjaga dan melestarikan sumber daya alam untuk kehidupan yang lebih baik.

Komentar

Fresh