Putus Rantai Budaya Korupsi | OPINI.id

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar Festival Anak Jujur 2017 untuk menanamkan nilai antikorupsi terutama kepada generasi muda.

quote-mark

Festival Anak Jujur melibatkan sekitar dua ribu peserta yang terdiri dari pelajar, guru, komunitas, regulator, keluarga, dan media di Jabodetabek.

Lewat Sosio Drama

Peserta di festival ini belajar memahami nilai antikorupsi melalui sosio drama. Sosio drama adalah metode pembelajaran bermain peran untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fenomena sosial. Contohnya antara lain, penyimpangan perilaku ramaja, narkoba, masalah keluarga, dan masih banyak lagi. Saat melakukan sosio drama, para peserta akan diajak untuk bermain peran, berdiskusi, dan mengenali permasalahan, perilaku baik dan buruk, serta mengupas nilai kehidupan yang ada di masyarakat. Peserta juga akan diajak mencari solusi atas permasalahan sosial yang terjadi. Harapannya, sosio drama, akan memberi gambaran, pemahaman, dan mengembangkan kemampuan peserta dalam pemecahan masalah.

Tujuannya supaya tertanam pengalaman membiasakan yang baik, dan berani berbeda di jalan yang benar -Saut Situmorang, Wakil Ketua KPK

Karakter Berintegritas

Sosio drama dipilih juga untuk memberikan sosialisasi bentuk-bentuk korupsi, cara pencegahan, pelaporan, dan pengawasannya. Selain itu, melalui metode ini, KPK berharap bisa menumbuhkan karakter yang berintegritas sejak dini. Peserta Festival Anak Jujur terbagi jadi 3 kategori usia untuk melakukan sosio drama: Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Setiap kategori usia, punya indikator capaian nilai antikorupsi masing-masing.

Sinergi 3 Pilar

Dalam festival ini, KPK akan berusaha mensinergikan 3 pilar lingkungan pendidikan dalam masyarakat umum: sekolah, rumah dan lingkungan. Ada penekanan pada tiga komponen karakter dalam sosio drama ini. Tiga karakter tersebut adalah pengetahuan yang baik (Moral Knowing), perasaan yang baik (Loving Good) atau moral feeling, dan perilaku yang baik (Moral Action).

Model Sederhana

Seluruh adegan sosio drama akan dijadikan model sederhana pembelajaran yang bisa ditiru oleh seluruh lingkungan pendidikan baik rumah maupun sekolah. Secara fisik hasilnya akan dijadikan dalam bentuk rekaman visual berupa DVD 9 episode untuk 3 jenjang sekolah SD, SMP dan SMA.

Komentar

Fresh