9 Trik Rahasia Menghadapi Kemacetan | OPINI.id

satire/sa·ti·re/ n 1 Sas gaya bahasa yang dipakai dalam kesusastraan untuk menyatakan sindiran terhadap suatu keadaan atau seseorang; 2 sindiran atau ejekan

Manfaatkan Bahu Jalan Sebaik Mungkin

Bahu jalan hanya digunakan dalam keadaan darurat. Hampir semua orang mengetahui fakta tersebut. Namun, hanya sebagian orang yang mampu memanfaatkan potensi tersembunyi pada bahu jalan terutama di jalan tol. Jika anda sedang terjebak kemacetan, janganlah ragu untuk menggunakan bahu jalan. Meskipun sudah jelas-jelas ada papan peringatan ‘Dilarang menggunakan bahu jalan’, kondisi tersebut tidak berlaku apabila anda sedang terburu-buru karena semua orang akan segera maklum dengan kebutuhan anda yang begitu mendesak. Bagaimana jika orang lain juga sedang buru-buru dan memiliki kebutuhan yang lebih mendesak daripada anda? Ah, memang siapa mereka? Lebih penting mana, mereka atau anda?

Gunakan Tombol Serbaguna Ajaib

Jika bahu jalan sebelah kiri sudah penuh, cobalah menggunakan bahu jalan sebelah kanan. Umumnya bahu jalan sebelah kanan memang lebih sempit, namun jika anda berusaha sebaik mungkin, anda pasti bisa. Tak ada gunung yang tak terlampaui, begitu kata pepatah. Dengan bantuan tombol serbaguna ajaib diatas, anda dapat menerobos bahu jalan sebelah kanan tanpa kendala berarti. Cukup tekan sekali hingga kedua lampu sein anda berkedip-kedip nakal, maka kendaraan lain diwajibkan memberi jalan kepada anda layaknya seorang raja. Kenapa bisa? Umumnya, ketika orang menyalakan lampu hazard, pengguna jalan yang lain mengira kendaraan anda bermasalah dan harus berhenti sehingga mereka mengalah dan memberi jalan. Nah, saatnya anda tunjukkan kepada mereka kalau dunia memang kejam dan manfaatkan keluguan mereka tersebut dengan tancap gas setelah diberi jalan!

Gunakan Lampu Sein Dengan Bijak

Saat anda terjebak kemacetan, anda diwajibkan memiliki kemampuan berpindah lajur dan keahlian dalam salip-menyalip mobil lain yang mumpuni. Seperti yang kita ketahui, kenop lampu sein berguna untuk memberi tahu kendaraan lain bahwa kita ingin berpindah lajur. Namun, manusia umumnya egois dan jarang memberi jalan pada mereka yang menyalakan lampu sein dari jauh. Oleh karena itu, nyalakan lampu sein sepersekian detik sebelum anda berpindah lajur, niscaya mobil lain tidak akan memiliki waktu yang cukup untuk menyodok kendaraan anda sehingga mereka terpaksa memberikan jalan kepada anda. Talk about smart!

Maksimalkan Penggunaan Klakson Setiap Saat

Jika anda sedang berada di lampu merah, anda dapat menggunakan klakson untuk membuat kendaraan-kendaraan lain segera beranjak dengan kecepatan yang melebihi kecepatan cahaya. Caranya mudah, sesaat sebelum lampu menunjukkan warna hijau, segera tekan tombol klakson keras-keras selama mungkin, semakin lama anda tekan dan semakin keras bunyinya, maka semakin cepat pula kendaraan lain bergerak. Hal ini dikarenakan bunyi-bunyian yang keras dapat menghasilkan gelombang kejut yang akan mendorong mobil-mobil lainnya untuk segera maju. Selain itu, klakson juga berfungsi sebagai alat musik yang dapat menghibur pengguna jalan lainnya. Semakin sering anda menggunakan klakson, semakin baik. Bonus poin bagi mereka yang menggunakan klakson dalam irama tertentu sehingga membentuk sebuah simfoni yang indah dan merdu. Niscaya mobil anda akan dikerubungi anak-anak yang salah mengira anda sebagai penjual es krim keliling.

Jalur Busway, Jalan Pintas di Kala Darurat

Bagi mereka yang berdomisili di Jakarta, pemerintah kota Jakarta sudah menyediakan jalur khusus bagi mereka yang ingin menghindari kemacetan. Seperti yang pernah ditunjukkan oleh pejabat negeri ini ketika terlambat datang ke sebuah acara, anda dapat menerobos jalur Busway yang umumnya lebih sepi daripada jalur biasa. Dengan demikian anda akan terhindar dari kemacetan parah yang dapat mengakibatkan anda terlambat dan rugi hingga miliaran rupiah. Para supir bus tersebut juga akan senang dengan kehadiran mobil anda di jalur mereka karena berpotensi untuk dilindas dan jadi tontonan masyarakat sekitar.

Aksesoris Mutakhir Anti Macet

Khusus bagi mereka yang sering mengendarai mobil dan terjebak kemacetan, kini anda dapat memasang aksesoris-aksesoris seperti strobo dan sirine pada mobil anda supaya anda dapat terhindar dari kemacetan yang senantiasa melanda hidup anda. Saat anda terjebak macet, cukup nyalakan sirine lalu kebut-kebutan di jalan seperti layaknya sebuah film action, maka orang lain akan memberikan jalan dan memaklumi tingkah anda karena menyangka anda adalah agen rahasia yang sedang menyamar dan mengejar tersangka. Bahkan, jika anda sedikit berakting, polisi pun akan berebut meminta tanda tangan anda seperti gambar diatas karena mereka menyangka anda sebagai bintang film laga terkenal yang sedang syuting di jalan raya.

Iringan Mobil Adalah Teman Baik Anda

Semua jenis iring-iringan, seperti ambulans, mobil polisi, mobil tentara, patwal, pemadam kebakaran, dan lainnya adalah teman sejati anda di kala kemacetan. Jika anda bertemu dengan salah satu dari mereka yang sedang buru-buru dan menyalakan sirine, bersikaplah seperti warganegara yang baik dengan memberikan jalan pada mereka. Sesaat setelah mereka melintas, segera nyalakan tombol serbaguna ajaib mobil anda dan kuntitlah iring-iringan tersebut. Niscaya anda akan terbebas dari kemacetan pada saat itu juga sehingga anda akan segera sampai di tujuan anda dengan selamat sentosa. Dari semua iringan mobil yang dapat anda ikuti, yang terbaik adalah iring-iringan mobil presiden karena jauh lebih lega dan aman dari serangan teroris.

Jangan Membuang Sampah Di Dalam Mobil

Saat terjebak kemacetan, umumnya orang akan melakukan berbagai kegiatan untuk mengalihkan pikiran mereka seperti mendengarkan musik, merokok, ataupun ngemil. Jika anda termasuk yang suka merokok ataupun ngemil, jangan sekali-kali membuang sampah di dalam mobil anda karena berpotensi membuat kendaraan anda menjadi kotor. Manfaatkanlah jalan yang tersedia lebar di sekeliling anda. Apa yang berasal dari alam, akan kembali ke alam, bukan? Oleh karena itu, tindakan anda membuang sampah di jalan dapat diartikan sebagai bentuk kepedulian anda terhadap lingkungan dan pelestarian alam. Khusus bagi mereka yang merokok, bonus poin jika abu yang anda buang dari jendela mobil anda berhasil mengenai pengguna jalan lainnya.

Abaikan Sabuk Pengaman

Nah, jika anda termasuk ke dalam orang yang sering mempraktikkan trik-trik rahasia dalam daftar ini, maka ada satu trik tambahan yang sebaiknya anda terapkan sesegera mungkin yaitu jangan pernah sekali-kali menggunakan sabuk pengaman dalam hidup anda, selamanya. Dengan demikian, anda akan membantu dunia dalam mengentaskan kebodohan dan kemiskinan serta menjadikan dunia ini sebagai tempat yang lebih baik.

Komentar

Fresh